Friday, January 19, 2018
Home > Uncategorized > BBC Diusut karena Lecehkan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn

BBC Diusut karena Lecehkan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn

Pemerintah militer Thailand tengah melakukan investigasi terhadap stasiun radio dan televisi BBC, karena dianggap menghina saat menayangkan profil Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun.

Deutsche Welle melaporkan Rabu (7/12/2016), beberapa hari setelah Raja Maha Vajiralongkorn dilantik, BBC edisi bahasa Thailand menayangkan cerita panjang sang raja, termasuk cerita pribadinya. Termasuk cerita tiga kali perceraiannya, juga kisahnya yang doyan perempuan, berjudi dan melakukan bisnis ilegal. Juga keterlibatannya atas pembunuhan sejumlah korban yang dikenal dekat dengan bekas istrinya. Bahkan dalam video itu terlihat foto-foto Sang Raja – bertelanjang dada bertato –  tengah dijemput dari sebuah bandara untuk kembali ke Bangkok.

‘’Bagaimanapun bentuknya, akan diproses sesuai aturan yang berlaku. Tanpa kecuali,’’ ujar Menteri Pertahanan Thailand Prawit Wongsuwan kepada sejumlah wartawan, Rabu (7/12/2016).

King Vajiralongkorn (VOANews.com)
King Vajiralongkorn (VOANews.com)

Sejak BBC menayangkan acara tersebut, tentara dan polisi Thailand mendatangi kantor BBC di Bangkok, yang telah ditutup. Kantor berita Inggris itu masih menayangkan profil Raja Maha Vajiralongkorn di jaringan media sosial YouTube dan lewat websitenya. Sementara itu, Jatupat Boonpattararaksa, seorang warga Thai yang dikenal aktivis anti junta militer ditangkap akhir pekan lalu, dengan tuduhan ikut menyebarkan rekaman video BBC itu .

Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun, berusia 64 tahun naik tahta, menggantikan ayahandanya Raja Bhumibo Adulyadej yang mangkat Oktober lalu, setelah berkuasa selama tujuh puluh tahun.