Press "Enter" to skip to content

Belasan warga ditangkap karena tak hormati lagu kebangsaan India

Sebanyak 12 warga India ditangkap karena tidak berdiri saat menyanyikan lagu kebangsaan India ‘Jana Gana Mana’. NBC News mengabarkan Selasa (13/12/2016), ke-12 warga India itu dinilai tidak patriotis saat hadir dalam film festival internasional di Kota Thiruvananthapuram, Selatan India. Mereka sempat ditahan beberapa jam sebelum dibebaskan.

Vineesh Kumar, salah satu warga yang ditangkap mengungkapkan bahwa saat itu tempat duduk di dalam bioskop tanpa diberi karcis. ‘’Sehingga saya khawatir, kalau berdiri, tempat duduk saya diduduki orang lain,’’ katanya beralasan.

Yang tak beruntung dialami delapan warga India lainnya. Mereka dipukuli kelompok sayap kanan India, karena tidak berdiri saat menonton film di Kota Cennai. Sementara, Oktober silam, Salil Chaturvedi, seorang aktivis difabel yang menggunakan kursi roda juga dipukuli karena tidak berdiri dari kursinya, saat hadir dalam sebuah acara di Goa.

Rangkaian peristiwa itu terjadi setelah Mahkamah Agung India menerapkan peraturan barru bulan lalu. Isinya, setiap gedung bioskop diharuskan memutar lagu kebangsaan India ‘Jana Gana Mana’ sebelum film diputar. Para penonton juga wajib berdiri saat lagu kehormatan itu diperdengarkan. (DP).

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.