Friday, December 15, 2017
Home > Achievement > Dua Pejabat RI diangkat jadi warga kehormatan di AS

Dua Pejabat RI diangkat jadi warga kehormatan di AS

Dua diplomat Indonesia dianugerahi penghargaan istimewa dari Pemerintah Kota Somersworth, Amerika Serikat. Mereka didaulat menjadi “warga kehormatan” bagi kota yang berada di negara bagian New Hampshire tersebut.

Konjen Abdulkadir Jailani, Walikota Danar Hilliard dan Benny YP. Siahaan (kjri ny)

Dua diplomat itu adalah Konsul Jenderal RI yang baru di New York, Abdulkadir Jailani, dan Benny YP Siahaan, Direktur Kerjasama Eksternal ASEAN di Kementerian Luar Negeri RI. Sebelum pulang ke Jakarta, Benny adalah Konsul Penerangan, Sosial, dan Budaya untuk KJRI New York dan pernah menjadi Pelaksana Tugas Konjen di kota itu – yang juga menangani kepentingan Indonesia di Somersworth.

“Mereka didaulat oleh Walikota Somersworth, Dana Hilliard, sebagai warga kehormatan kota tersebut (honorary Hiltoppers) pada 20 Januari 2017,” demikian ungkap Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kota New York hari ini.  Anugerah tersebut disampaikan sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa KJRI New York dalam memajukan hubungan kerjasama antara Indonesia, kota Somersworth serta diaspora Indonesia di kota tersebut.

Walikota Hilliard menyampaikan terima kasih atas berbagai upaya KJRI New York memajukan hubungan baik dengan kota yang dia pimpin dan mendukung berbagai kegiatan diaspora Indonesia di sana.

Bersama Walikota Danar Hilliard dan istri (kjri ny)

“Secara aktif, komunitas diaspora Indonesia ambil bagian dalam upaya mempromosikan keanekaragaman kota Somersworth melalui berbagai kegiatan seperti pertunjukan budaya Indonesia Fair serta presentasi Indonesia ke berbagai sekolah di Somersworth,” kata Hilliard dalam acara pemberian anugerah, yang dihadiri oleh masyarakat Somersworth serta sejumlah anggota Dewan Kota setempat.

Hubungan baik Indonesia dengan kota Somerwsorth juga dinyatakan dalam pembacaan Sumpah Setia dalam Bahasa Indonesia (selain Bahasa Inggris dan Perancis) pada Inagurasi Jabatan walikota Dana Hillard awal Januari 2016. Peran aktif  KJRI New York dalam mendukung berbagai kegiatan diaspora Indonesia di Somersworth menjadikan hubungan KJRI New York dengan kota Somersworth semakin dekat.

Hilltoppers merupakan sebutan bagi warga kota Somersworth. Untuk itu Mayor Hilliard memberikan kaos bertuliskan Hilltoppers kepada dua diplomat RI tersebut sebagai bentuk anugerah warga kehormatan Somersworth.

Sebagai balasan, Konjen RI New York memberikan cinderamata kopi Indonesia kepada Walikota Hillard sebagai tanda untuk meneruskan hubungan baik antara KJRI New York dan kota Somersworth. Sementara Direktur Kerjasama Eksternal memberikan kemeja batik sebagai bentuk persahabatan Indonesia dan kota Somersworth. (Vivanews.com)