Press "Enter" to skip to content

Berita bohong tentang ”Check Point Imigrasi di Miami, Florida” beredar di medsos

Sebuah berita bohong beredar di media sosial hingga membuat banyak imigran resah. Berita itu menyebutkan US Immigration and Customs Enforcement, ICE mendirikan check-point (pos-pos pemeriksaan) di sejumlah tempat di Miami, Florida. Satu di NE 56th Street, di persimpangan Biscayne Boulevard dan di antara 73rd Street dan Dickinson Street di Miami Beach. Berita yang disebarkan lewat telepon pintar itu memuat pula foto deretan bus bertuliskan Homeland Security warna putih, menunggu para imigran yang terjaring.

Berita di medsos itu

Miami New Times, yang sempat mengirim wartawannya ke dua lokasi itu, ternyata tidak menemukan pos-pos pengecekan itu. Pengecekan juga dilakukan wartawan radio WLRN dan Univision ke sejumlah kawasan lain, dan lagi-lagi tidak menemukan apapun. Jurubicara ICE, Nestor Yglesias menjelaskan bahwa pihaknya tidak mendirikan pos-pos pemeriksaan di manapun hari itu. ‘’Kami tidak ditugaskan untuk itu,’’ tutur Nestor Yglesias.

Foto bus Homeland Security itu ternyata foto lama yang diambil di Yuma, Arizona tahun 2014.

Tidak jelas berita bohong itu diedarkan oleh siapa, namun sempat mengejutkan para imigran tak berdokumen yang belakangan ini merasa tidak tenang hidupnya. Badan sosial Community Justice Project dalam pesannya mengingatkan ‘’Komunitas kita sekarang dalam kondisi siaga dan ketakutan akan apa yang bakal terjadi,’’ tulisnya dalam pesan Twitternya. Karena itu, janganlah mudah terpancing dan tetap tenang.

Bagi imigran Indonesia tanpa dokumen dapat memantau perkembangan terakhir lewat applikasi terakhir yang diciptakan oleh Aldi. Mahasiswa Indonesia yang pernah kuliah di Harrisburg, Pennsylvania dan kini menetap di Philadelphia itu, menciptakan program berita mutakhir. Caranya: Hubungi 267-214-0202 dan tunggu sebentar, tak berapa lama di telepon anda akan keluar REG. Berarti anda telah tersambung dengan nomor kontak emergency yang dapat memantau perkembangan terakhir di kawasan anda. Anda juga dapat mengirim berita tentang masalah keimigrasian di AS lewat nomor tersebut. Diharapkan Jangan memuat berita atau promosi demi kepentingan bersama!

Anda juga dapat menghubungi HOTLINE yang disediakan perwakilan RI di seluruh Amerika Serikat berikut ini:

Mission News Theme by Compete Themes.