Wednesday, December 13, 2017
Home > Military > Mayoritas warga khawatir Trump bawa AS terjebak perang besar

Mayoritas warga khawatir Trump bawa AS terjebak perang besar

Sebuah poll pendapat yang digelar NBC News mengungkapkan 66% warga AS khawatir, Presiden Donald Trump bakal membawa AS ke ‘Peperangan Besar’ selama menjabat 4 tahun mendatang.

Sius News.Mic melaporkan Rabu (22/2/2017) untuk menghindari hal itu, 66% dari 11 ribu responden dewasa berharap agar Trump tidak terlibat konflik dengan negara asing. Khususnya negara yang tengah dilanda perang. Sekitar 80% warga Amerika mendukung agar AS tetap menjadi anggota NATO, Organisasi Pertahanan Atlantik Utara yang beranggotakan 28 negara.

 

Survei itu digelar NBC News saat Wapres AS Mike Pence berkunjung ke markas besar NATO, Senin kemarin. Dalam kesempatan itu, Mike Pence meyakinkan para pejabat pakta pertahanan tersebut, bahwa AS tetap berkomitmen dengan organisasi tersebut. ‘’AS tetap menyatakan dukungan penuh terhadap NATO, walaupun kami meminta NATO agar lebih bertanggung jawab dan berubah menghadapi tantangan baru,’’ ujar Mike Pence dalam pidato sambutannya.

 


Maklum, sebelumnya dalam wawancaranya dengan harian The New York Times, Juli 2016 silam,  Presiden Trump menyatakan AS harus keluar dari NATO, karena dinilai tidak ada gunanya. ‘’Mereka harus membayar bagian mereka dong,’ kata Trump. ‘’Kita melindungi mereka, kita beri perlengkapan militer dan lainnya, tapi mereka menghancurkan AS. Dan apa yang kita perbuat? Tidak ada sama sekali,’’ sambung Trump.

Lebih lanjut, Donald Trump yang kala itu masih menjadi kandidat presiden Partai Republik, mengecam negara-negara yang tidak memberi peranan dan bantuan. ‘’Atau mereka dipersilakan meninggalkan NATO deh,’’ tutur Trump. ‘’Seandainya NATO pecah, ya biarkan saja pecah,’’ sambungnya tegas.