Press "Enter" to skip to content

Kiai Haji Hasyim Muzadi meninggal dunia di Malang, Jatim

KH Ahmad Hasyim Muzadi wafat pada usia 73 tahun pada Kamis, 16 Maret 2017 pukul 6.15 WIB. Menurut anak menantu almarhum, Arif Zamhari, jenazah akan dimakamkan setelah salat zuhur hari ini.

Prosesi pemakaman, kata Arif, diberangkatkan dari Malang ke Pesantren Alhikam Depok, Jawa Barat.  Jenazah akan lebih dulu disalatkan di Masjid Alhikam yang berada di kompleks pesantren. “Berkenaan dengan hak-hak dan kewajiban beliau, diharap menghubungi keluarga,” kata Arif saat dihubungi Tempo.

 

Dalam sebulan terakhir, kondisi kesehatan mantan Ketua PBNU tersebut menurun sehingga menjalani perawatan di Cardiovaskuler Care Unit (CVCU) Rumah Sakit Lavayette, Kota Malang. Berbagai kalangan telah menjenguk anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa juga sempat menjenguk.
Sejumlah personel Barisan Serbaguna (Banser) Gerakan Pemuda Ansor menjaga pintu masuk ke CVCU. “Pesan keluarga dilarang masuk CVCU,” kata Ketua GP Ansor Kota Malang, Nur Junaedi, Sabtu 11 Maret 2017. Masyarakat dan para santri diminta untuk mengaji dan mendoakan demi kesembuhan Kiai Haji Hasyim Muzadi.




Putra ketiga Hasyim Muzadi, Hilman Wajdi meminta masyarakat tak mempercayai pesan berantai tersebut. Kondisi kesehatannya, kata Hilman, stabil. Namun dibutuhkan istirahat untuk memulihkan kesehatan. “Pemicunya mungkin kelelahan,” ujarnya.

Sebelumnya Hasyim Muzadi sempat menjalani perawatan di rumah sakit yang sama selama sepekan sejak 6 Januari 2017. Setelah kondisinya stabil, pada 17 Januari Hasyim Muzadi diperbolehkan pulang dan beristirahat di kediamannya di Jalan Cengger Ayam Kota Malang. “Nafsu makan belum normal. Butuh pemulihan fisik,” ujar Hilman.

Mission News Theme by Compete Themes.