Thursday, July 27, 2017
Home > Around the world > Pemerintah Beijing tangkap menantu Deng Xiaoping

Pemerintah Beijing tangkap menantu Deng Xiaoping

Wu Xiaohui, Direktur Anbang Insurance Group China, dikabarkan ditangkap di Beijing akhir pekan lalu.

The New York Times mengabarkan, pernyataan resmi yang disiarkan Rabu (14/6/2017), menyebutkan ‘’Wu ditangkap karena alasan pribadi sehingga ia tidak dapat menjalankan tugasnya,’’ bunyi pernyataan yang dikeluarkan Pemerintah Beijing. Mingguan ternama di China, Caijing memberitakan, penahananan Wu merupakan bagian dari langkah investigasi Beijing atas perusahaan Anbang.

Pemerintahan Presiden Xi Jinping tengah melakukan pengusutan sektor asuransi yang dicurigai melakukan praktek bisnis kotor. Sejak April silam, penyidik anti-korupsi akan memusatkan perhatian di sektor asuransi, khususnya perusahaan asuransi top di Beijing, Anbang Insurance Group. Xiang Junbo, Ketua komisi Regulasi Asuransi China diberhentikan dari jabatannya, setelah diketahui melakukan pelanggaran disiplin.

Penahanan atas Wu Xiaohui itu, menimbulkan dampak sangat besar bagi hubungan China dan Amerika Serikat. Grup Anbang yang memiliki aset hampir $ 300 miliar itu baru saja memborong sejumlah properti di AS. Termasuk Hotel Waldorf Astoria di Manhattan, New York yang dibeli pada tahun 2013, dengan nilai $ 3 miliar.

 

Apalagi, Wu Xiaohui, menantu Pemimpin Besar China, Deng Xiaoping itu, dikenal dekat dengan Jared Kushner, menantu Presiden Donald Trump. November 2016 lalu, Wu bertemu Jared untuk membahas pembelian sebuah gedung perkantoran di Manhattan, milik keluarga Kushner. Jual beli itu dibatalkan setelah media massa AS memberitakan penjualan gedung perkantoran yang bernilai miliaran dolar.

Anbang grup yang meraih modal dari para taipan bank China itu, menanamkan modalnya di luar negeri dengan membeli sejumlah properti. Tahun lalu, Anbang menghabiskan dana $ 6 miliar untuk membeli sejumlah hotel mewah milik Blackstone Group di AS. Direktur Utama kelompok itu, Stephen A. Schawrzman, adalah salah satu penasehat bisnis Presiden Trump. Selain itu, Anbang Group menawarkan $ 13 miliar untuk membeli jaringan hotel dan resort Starwood, AS.