Sunday, December 17, 2017
Home > Art > Anggota Parlemen Iran Dikecam Karena Selfie dengan Wanita Italia

Anggota Parlemen Iran Dikecam Karena Selfie dengan Wanita Italia

Sejumlah anggota parlemen Iran dikecam kelompok garis keras dan rakyat Iran, gara-gara berselfie dengan Federica Mogherini, perempuan Italia yang menjabat sebagai kepala kebijaksanaan luar negeri Iran untuk Uni Eropa. The Washington Post mengabarkan foto selfie itu terjadi Senin (7/8/2017).

Setelah pelantikan Hasan Rouhani menjadi Presiden Iran, untuk masa jabatan kedua kalinya, sejumlah anggota parlemen Iran itu ngumpul mengelilingi Federica Mogherini. Perempuan Italia yang cantik itu diajak berselfie. Bahkan salah seorang anggota parlemen Iran mendekati Federica, sambil mengarahkan kamera telepon pintarnya.

Bagi mereka, berkenalan dan berfoto dengan Federica adalah momen yang tak dapat dilewatkan. Maklum Federica Mogherini, perempuan Italia yang mengenakan kerudung dan berwajah cantik itu, adalah diplomat Barat yang membantu Iran agar lebih terbuka pada Barat. Tapi bagi kelompok garis keras, ulah itu dianggap melecehkan Iran.

Seorang pemilik Twitter bernama ‘Middle East Eye’ menuliskan: ‘’Wahai para anggota parlemen. Terima kasih telah membuat malu 80 juta rakyat Iran,’’ tulisnya. Sedangkan, harian konservatif Kayhan menuliskan, ‘’Mereka bukannya mempertahankan hak-hak Iran sebagai sebuah negara, malah berpose secara memalukan dengan pelanggar kejahatan,’’ tulisnya. Malah, Kantor berita Iran, Fars News menyebut foto-foto selfie itu ‘’Terlihat aneh’’. Dan Alireza Salimi, seorang anggota parlemen Iran menyebut foto-foto itu sebagai sebuah episode ‘’Ketika taklut dengan Barat.’ Lainnya mengolok-olok dengan menyebut seperti adegan ‘Snow White dikelilingi para kurcaci’.

Sebaliknya, Ahmad Mazani, seorang anggota parlemen membela rekan-rekannya dengan mengungkapkan, ‘’Kolega saya itu cuma antusias terhadap Federica Mogherini yang dikenal selalu menjalin kerjasama bilateral dengan Menlu Iran. Habis, selama acara pelantikan, kami dilarang berhubungan dengan tamu khusus,’’ tulisnya.



SaveSave