Monday, October 16, 2017
Home > Achievement > Inilah Jenderal AS yang Bersikap Anti Rasialisme

Inilah Jenderal AS yang Bersikap Anti Rasialisme

Sebelumnya tidak ada yang tahu siapa Letnan Jenderal Jay B. Silvera. Namun pekan lalu, perwira tinggi bintang tiga itu terkenal di seluruh dunia, gara-gara rekaman video yang isinya mengutuk rasialisme yang terjadi di Akademi Angkatan Udara AS. Video yang diunggah di YouTube diklik lebih dari 1,7 juta orang dan disebar lebih dari 22 ribu kali. ‘’Beginilah seharusnya kalian menanggapi rasialisme yang terjadi di AS,’’ tulis salah satu komentator di linimasa.

 

 

Letnan Jenderal yang menjadi komandan Akademi Angkatan Udara itu, kesal setelah lima tarunanya mengadu, bahwa mereka mengalami perlakuan rasialis di kampusnya. Kelima taruna itu tengah menjalani kuliah persiapan memasuki Akademi AU. Mendengar hal itu, Letjen Jay B. Silvera komandan Akademi AU tersebut berang dan memberikan pidatonya di depan 1.500 kadet dan pembimbing akademi AU.

 

‘’Saya ingin kalian merekam tindakan rasialis itu, dan gunakan rekaman itu, sehingga kalian punya keberanian moral,’’ kata Silvera. ‘’Jika kalian tidak dapat menghargai martabat dan kehormatan seseorang, maka kalian keluar saja!,’’ teriak Jay B. Silvera yang baru saja naik pangkat dari Mayor Jenderal menjadi Letnan Jenderal.

 

 

Selama 32 tahun berkarir, lulusan Akademi AU tahun 1985 itu berpengalaman terbang selama 4000 jam. Termasuk saat menjalankan misinya ke Irak dan Balkan sehingga menjadi salah satu pilot paling berpengalaman. Sebelum menjadi direktur Akademi AU, Letjen Silvera menjadi deputi Komandan Komando AU Pusat, dan Deputi Komandan Pusat AU di Asia Barat Daya.

 

Leave a Reply