Press "Enter" to skip to content

Video Batman dan Bocah Suriah Jadi Viral

Sebuah video tentang Batman yang berkunjung ke kamp pengungsi Suriah dinobatkan menjadi salah satu film pengumpul dana paling populer di linimasa.

The Jerusalem Post mengabarkan, video itu meraih penghargaan Radi-Aid Golden Award Jumat (8/12/2017). Penghargaan tahunan yang diprakarsai Norwegian Students bekerjasama dengan Academics International Asistance Fund, SAIH. ‘’Benar-benar video yang sangat memukau,’’ tutur seorang juri. ‘’Selain itu, video itu menyampaikan pesan dan berhasil menggambarkan kehidupan seorang bocah apa adanya,’’ lanjutnya.



Video produksi organisasi amal ‘War Child Holland’ itu menggambarkan Batman bermain dengan Kadar, seorang bocah Suriah di tempat pengungsian. Mereka bermain sepakbola di tanah kosong berdebu, main umpet di antara jemuran pakaian pengungsi, adu panco, yang tentu saja dimenangkan Kadar,  dan bermain layang-layang. Di akhir cerita Batman itu lalu berubah menjadi ayah Kadar yang menggendong bocah berusia 8 tahun yang tidur kelelahan. Mereka mengungsi bersama keluarganya ke luar Suriah.

Lagu ’You’re my Best Friend’ oleh grup rock Queen, dinyanyikan oleh Ed Sheeran, menyelimuti video berdurasi sekitar satu setengah menit itu ditutup dengan sebuah kalimat pendek: ‘’Fantasi kerap menjadi satu-satunya jalan bagi para bocah korban perang untuk melepaskan kehidupan nyata yang dialaminya.’’ Padahal video itu pernah dikecam karena mengeksploitasi kondisi pengungsi Suriah dengan menampilkan ‘Wisata Kemiskinan’.



Mission News Theme by Compete Themes.