Saturday, April 21, 2018
Home > Achievement > Popularitas Donald Trump di mata dunia merosot ke titik nadir

Popularitas Donald Trump di mata dunia merosot ke titik nadir

Popularitas dan kepercayaan dunia terhadap Presiden AS Donald Trump jatuh ke titik terendah, berdasar poll pendapat yang disebar di 134 negara di dunia.

CNN mengabarkan Kamis (18/1/2018), jajak pendapat yang dilakukan Gallup poll mengungkapkan 30% masyarakat dunia mendukung kepemimpinan Trump. Hanya sedikit berbeda dengan pemimpin China Xi Jinping yang cuma 31% dan berbeda tiga poin dari Rusia. Sedangkan pemimpin negara dunia yang paling tinggi diraih Jerman dengan 41% suara.

Jajak pendapat itu diterbitkan bersamaan dengan satu tahun Pemerintahan Donald Trump, Sabtu (20/1/2018). Merosotnya kepercayaan dunia pada Trump, merosot 20 poin dibandingkan keperayaan terhadap Barrack Obama tahun lalu yang setinggi 48%. Demikian juga dibandingkan Presiden George W. Bush yang masih setinggi 34%. ‘’Tahun ini, hanya 30% warga dunia yang menilai kepemimpinan Trump cukup baik,’’ tutur John Clifton, managing partner Gallup.

Merosotnya kepercayaan dunia, tak terlepasa dari kebijaksanaan ‘America First’ yang dicanangkan Presiden Donald Trump. Di bawah kepempimpinan mantan pengusaha properti itu, AS menarik diri dari sejumlah pakta dan kesepakatan global serta perdagangan, lingkungan dan pertahanan. Dan, langkah terakhir Trump yang membuat kepercayaan dunia anjlok, saat AS menarik diri dari pakta Paris Climate, dan menjadikan AS sebagai negara satu-satunya yang tidak menyepakati pakta tentang lingkungan itu.

Sementara itu, ada empat negara yang masih menaruh kepercayaan terhadap AS. Keempat negara itu adalah Belarus, Israel, Macedonia dan Liberia. Keputusan Trump mengakui Jerusalem sebagai ibukota Israel bulan lalu, menjadikan keempat negara itu masih menaruh kepercayaan, walaupun keputusan Trump itu dikecam masyarakat internasional.