Sunday, February 18, 2018
Home > Diaspora > Pengalaman Nonton bareng Super Bowl bersama warga Indonesia

Pengalaman Nonton bareng Super Bowl bersama warga Indonesia

Tiap tahun tersebutlah acara sport terbesar di Amerika Serikat yaitu Super Bowl. Ini adalah pertandingan dua tim American Football yang disiarkan secara langsung dengan berbagai suguhan entertainment tersendiri. Dengan penonton yang menyedot hampir 114 juta,  bisa dibayangkan betapa besar nilai komersial dan hiburan. Jangan heran kalau untuk spot 30 detik iklan di sela pertandingan dikenai biaya $5 juta dollar atau 67 Milyar rupiah!

Pada hari pertandingan para penikmat Super Bowl di Amerika biasanya mengadakan acara nobar (nonton bareng) yang diisi dengan bebakaran (BBQ). Acara biasanya lebih banyak di rumah, ataupun di tempat-tempat kumpul social seperti klub atau hall. Agar rame dan memancing orang untuk banyak yang datang, biasanya disuguh makanan ala Amerika seperti burger, kripik kentang atau jagung (tortilla), minuman soda/bir, snack dan juga snack lainnya. Pokoknya rame seperti nonton Piala Dunia sepakbola rame-rame di Indonesia.  

Microsoft Canada

Tahun 2018 ini adalah penyelenggaraan Super Bowl yang ke 52 dengan jago tim dari Philadelphia (Eagles) melawan New England (Patriots). Ajang ini berlangsung pada tanggal February 4, 2018, at U.S. Bank Stadium in Minneapolis  negara bagian MinnesotaSuguhan musik live di tengah pertandingan juga menjadi saat yang ditunggu para pemirsa. Tahun lalu, Lady Gaga mengisi acara dan membius pemirsa. Tahun ini, giliran Justin Timberlake yang tampil solo dengan sederet artis seperti Coldplay, Madonna,  Katy Perry, Beyoncé , Bruno Mars, The Who, Prince, the Rolling Stones, Paul McCartney, U2 di tahun sebelumnya, baik yang di iklan produk ataupun di live music.

Yang cukup menarik adalah makin besarnya minat penonton di Indonesia dengan olahraga ini. Tercatat orang Indonesia yang mengaku sebagai fans Super Bowl sebanyak 11.5 juta pemirsa. Mereka mengaku penyuka dan mengikuti pertandingan di televisi (31%) sedangkan yang menyaksikan melalui online tercatat sekitar 9%. Secara global penonton Super Bowl Indonesia menduduki peringkat ketujuh dibawah Thailand dan Philippine menurut data dari GlobalWebIndex tahun 2015. Sebuah angka yang cukup tinggi yang menunjukan penetrasi acara olahraga yang makin mendunia.



Untuk orang Indonesia yang berada di Amerika, menonton American Football adalah salah satu cara untuk melihat dari dekat tradisi dan budaya Amerika. Seperti halnya Thanksgiving, Super Bowl ini adalah event yang unik, karena hanya di Amerikalah tradisi ini berlangsung. Nonton bareng ini juga menjadi ajang untuk saling mengenal tetangga dan budaya baru terutama yang baru mencicip kehidupan di Amerika Serikat.

Juga mendiskusikan strategi dan permainan menjadi pembicaraan yang cukup menggeliat dan memancing debat yang tak kalah serunya dengan permainan basketball ataupun softball. Lewat olahraga American Football inilah orang Indonesia yang menikah ataupun tinggal di negara ini menjadi berasa Amerika. Seperti keluarga Bramble di Larkspur. Keluarga ini menyempatkan menonton di movie room keluarga lengkap dengan home entertainment system. Walaupun kurang begitu paham dengan aturan-aturan American Football, Sari Bramble yang telah puluhan tahun tinggal di US ini cukup menyenangi siaran di TV.

“Seru sih! Apalagi ada iklan dan musiknya,” begitu penuturannya. Keluarga Moore di Los Gatos California juga mengaku fans dan pengikut setia The Patriots tim dari New England sejak tahun 2002. Tak heran jika saat Super Bowl berlangsung bisa dipastikan bau bebakaran dan sepinya lalulintas di jalanan karena jutaan orang terpaku di depan layar menyaksikan event terbesar di dunia olahraga ini. (Ambar Briastuti)



Leave a Reply