Press "Enter" to skip to content

Presiden Trump Ancam Tarik Petugas ICE dari California

Presiden Donald Trump berniat menarik seluruh petugas imigrasi, ICE karena Negara Bagian California dianggap tidak mampu menjalankan tugasnya mengontrol imigran ilegal. CNN mengabarkan, hal itu diungkap Trump Jumat (23/2/2018).

Saat bertemu dengan petugas keamanan California, Trump bahwa petugas keamanan California tidak becus menghentikan aksi kekerasan senjata api dalam peristiwa penembakan di SLTA Parkland. ‘’Kita tidak dibantu oleh California. Karena itu, jika saya tarik petugas ICE dari California, maka kalian akan mengalami tindak kriminal yang tidak pernah terjadi di California,’’ kata Trump. ‘’Saya akan bilang, petugas ICE, petugas penjaga perbatasan, tinggalkan California sekarang juga,’’ sambungnya.

Trump melanjutkan lagi, ‘’Kalian akan mengalami aksi kriminal dan kejahatan yang tak pernah dialami di negeri ini. Karena kami juga tidak dibantu oleh California. Mereka melakukan pekerjaan manajemen yang buruk sekali,’’ kata Trump. ‘’Penerimaan pajak mereka tertinggi di AS, Tapi mereka tidak tahu apa yang terjadi di sana. Benar-benar memalukan,’’ sambung Trump.



Belum jelas, apakah ancaman Trump itu akan segera dilakukan. Namun Direktur Imigrasi dan Bea Cukai Tom Homan menyatakan bahwa kebijaksanaan California akan meningkatkan jumlah petugas ICE. ‘’Tidak ada bantuan dari petugas federal. Kami tengah dalam proses saat ini. Saya akan menambah kehadiran petugas ICE di California. Dan kami siap melakukan hal itu,’’ kata Tom Homan.

Seperti diketahui, petugas ICE dibiayai dan diterjunkan oleh Pemerintah Federal atau Pemerintah Pusat Washington DC. Sedangkan setiap negara bagian, seperti California, menggaji petugas polisi dan keamanan lain serta petugas pemadam kebakaran.



Mission News Theme by Compete Themes.