Saturday, April 21, 2018
Home > Diaspora > Community > Hujan Emas dari Pesawat terjadi di Siberia, Rusia

Hujan Emas dari Pesawat terjadi di Siberia, Rusia

Ratusan batangan emas jatuh dari pesawat kargo Rusia An-12 di Timur Siberia, Rusia.

NPR news yang mengutip kantor berita Rusia, TASS Kamis (15/3/2018) mengabarkan hal itu terjadi di dekat Bandara Yakutsk, Siberia. Pesawat kargo yang membawa 9 ton emas itu tiba-tiba terbuka pintu belakangnya, sehingga puluhan batang emas merosot ke luar dan jatuh di atas landasan pacu bandara.

‘’Pengait kargo tiba-tiba terlepas oleh guncangan akibat angin kencang saat lepas landas,’’ tulis TASS. ‘’Ada kemungkinan, teknisi pesawat tidak mengikat lantakan emas itu secara benar,’’ sambung kantor berita tadi.



Jurubicara kepolisian setempat menjelaskan, ‘’Sejauh ini kami telah menemukan kembali 172 emas batangan dengan bobot total 3,75 ton,’’ tuturnya kepada TASS. Sementara itu, The Siberian Times mengabarkan batangan emas itu terpental sampai sejauh 26 kilometer dari bandar udara. Pihak keamanan setempat menutup Bandara Yakutsk, karena petugas masih melakukan pencarian batangan emas.

Pesawat kargo An-12 Rusia itu juga membawa sejumlah berlian dan platinum. Perhiasan mewah dan mahal itu diduga diangkut dari kawasan Rusia dekat lokasi kejadian yang dikenal sebagai penambangan berlian. Ratusan batang emas yang jatuh itu nilai totalnya diperkirakan mencapai $ 368 juta.