Saturday, April 21, 2018
Home > Achievement > Kabinet Baru Penggerak Ekonomi China

Kabinet Baru Penggerak Ekonomi China

Perdana Menteri China Li Keqiang mengumumkan kabinet barunya sebagai bagian untuk menjaga kestabilan ekonomi dan pertahanan China sebagai negara adidaya kedua setelah AS.

DNA India mengabarkan, Senin (19/3/2018), kabinet baru yang telah disetujui Kongres Rakyat Nasional, itu berisi sejumlah pejabat penting yang menduduki posisi penting. Di antaranya, Liu He wakil PM China, yang bakal mengendalikan manajemen ekonomi China. Negara ekonomi terbesar kedua itu, mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi pada 2016. Padahal dalam dua dekade sebelumnya China mengalami kelambatan.

Menteri Luar Negeri Wang Yi diangkat sebagai Penasehat Luar Negeri China. Sehingga Wang Yi merupakan diplomat top China yang memegang dua posisi sekaligus. Selain itu ada Letnan Jenderal Weng Fenghe, yang diangkat sebagai menteri pertahanan China. Jenderal Weng Fenghe dikenal sebagai tokoh di balik modernisasi dan reorganisasi pertahanan China di panggung internasional. We Fenghe juga merupakan tokoh kunci yang membagi dua satuan strategi peluru kendali. Yakni Satuan Bersenjata Roket dan Angkatan Pendukung Strategi China.



Ada pula Yi Gang, yang diangkat menjadi Direktur Bank Sentral China atau Bank Rakyat China. Pengangkatan Yi Gang menandai perubahan pertama di Bank Sentral sejak 15 tahun terakhir. Yi Gang menggantikan Zhou Xiaochuan yang menjabat Direktur Bank Rakyat China selama lebih dari 15 tahun, sehingga menjadikan China sebagai Naga Ekonomi kedua dunia menggantikan posisi Jepang.

Seperti diketahui, Xi Jinping dikukuhkan menjadi Presiden China kedua kalinya, untuk masa jabatan lima tahun ke depan. Tiga ribu anggota Kongres Partai Nasional menghapus amandemen konstitusional yang membatasi masa jabatan presiden dan wakil presiden China. Sebagai wakilnya, Xi Jinping menunjuk Wang Qishan, mantan kepala badan anti-korupsi China.