Press "Enter" to skip to content

Aksi Rally Kelompok Neo Nazi di Newnan, Georgia

Sebuah kelompok neo-Nazi Gerakan Sosialis Nasional, NSM akan menggelar pertemuan nasional di Newnan, Jumat dan Sabtu 20 hingga 21 April 2018. Al Jazeera mengabarkan, acara tersebut digelar kelompok NSM, bertepatan dengan hari kelahiran Adolf Hitler, pemimpin Nazi Jerman.

Kelompok kanan jauh dan menjunjung supremasi kulit putih tersebut, akan mengakhiri pertemuan nasional tersebut dengan melakukan gerak jalan di sepanjang jalan utama menuju pusat kota Newnan, Georgia.

‘’Saya kira akan menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran,’’ tutur Nathan Brain, salah satu penyelenggara acara yang disebut #NewnanStrong kepada media setempat. Banyak pemilik toko dan bisnis di kota tersebut akan tutup selama dua hari mendatang, sementara anggota komunitas lainnya menggelar festival berjudul #NewnanStrong pada Jumat kemarin.



Dalam video di situs NSM, pertemuan tahunan itu digambarkan sebagai ‘’Sebuah acara historis yang meminta seluruh peserta menunjukkan kebanggaan mereka, mencintai ras dan keturunan kulit putih mereka serta negara,’’ bunyi video itu.

Kelompok NSM didirikan tahun 1996 di Detroit, Michigan dan dikenal aktif di berbagai kegiatan kanan jauh di seluruh AS. Termasuk peristiwa berdarah di Charlotsville, Virginia pada 12 Agustus 2017. NSM berpartisipasi dalam berbagai acara supremasi kulit putih, nasionalis putih dan kelompok ne-Nazi lainnya.

NSM merupakan bagian dari Front Nasionalis, sebuah koalisi kanan jauh yang beranggota ne-Konfederasi Liga dari Selatan, yang anggotanya berasal dari Partai Pekerja Tradisionalist, TWP dan beberapa anggota Ku Klux Klan. Sejak tahun 2014, kelompok supremasi kulit putih ini menimbulkan serangkaian insiden yang menelan 43 orang korban tewas dan 67 lainnya luka parah.



Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.