Press "Enter" to skip to content

Pendeta Budha Dibekuk Karena Terlibat Skandal Seks dan Narkoba

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mencabut gelar tujuh pendeta Budha senior Thailand karena terlibat skandal seks dan keuangan. 

Kantor berita Reuters melaporkan Rabu (30/5/2018), pencabutan gelar tiga pendeta di antaranya, diumumkan oleh Dewan Tertinggi Sangha dan diberitakan lewat majalah kerajaan Royal Gazzette. Sedangkan empat pendeta lainnya telah ditangkap dan ditahan, dalam penggrebekan yang dilakukan polisi Thailand pekan lalu.

Termasuk di antaranya seorang pendeta senior juga dicoret gelarnya sebagai pemimpin agama Budha. Sedangkan seorang pendeta lainnya menyerahkan diri. ‘’Kami tengah melakukan investigasi, dan kami langsung menjebloskan ke penjara,’’ tutur Maitri Chimcherd, komandan Divisi Kriminal Kepolisian Thailand.



Pemerintah militer Thailand pimpinan PM Prayut Chan-o-cha, tengah mengusut skandal penyelewengan dana yang terjadi pada sejumlah perguruan dan kuil Budha di Thailand. Aksi pembersihan ini dilakukan, karena citra agama Budha di Thailand memburuk tertimpa skandal seks dan keuangan yang melibatkan banyak pendeta.

90 persen dari 69 juta penduduk Thailand beragama Budha. Mereka memberikan sumbangan miliaran dolar setiap tahun, kepada seluruh kuil dan perguruan Budha. Gara-gara kebanjiran uang itu, pusat-pusat agama Budha ditimpa berbagai skandal, mulai skandal seks, pembunuhan sampai skandal obat bius. 



Mission News Theme by Compete Themes.