Press "Enter" to skip to content

Warga Malaysia Sumbang Dana Untuk Tutup Utang Negara

Warga Malaysia berhasil mengumpulkan dana sebesar $ 2 juta untuk menutupi utang luar negeri Malaysia akibat skandal keuangan oleh mantan Perdana Menteri Najib Razak.

The Wall Street Journal mengabarkan Kamis (31/5/2018), Menteri Keuangan Lim Guan Eng mengucapkan terima kasihnya kepada para penyumbang dana lewat sebuah laman yang disediakan Pemerintah Kuala Lumpur. ‘’Warga Malaysia menggunakan semangat patriotisme ke jenjang lebih tinggi, dan bersedia menyumbangkan uangnya untuk membantu membangun kembali negaranya,’’ kata Lim Guan Eng.

Menteri Keuangan Malaysia itu juga memberi penghargaan tinggi kepada Shazarina Bakti, mahasiswi fakultas hukum Malaysia yang membuka dompet sumbangan di laman GoGetFunding sehingga berhasil mengumpulkan dana $ 3.500. Pemerintah Malaysia kemudian membuka akun bank secara resmi, Rabu kemarin untuk menerima sumbangan lebih besar dan memberikan penjelasan secara transparan setiap sumbangan yang diterima. Sumbangan pun semakin mengalir, dan para penyumbang juga mengunggah tanda terima sumbangan dana lewat Twitter, Facebook dan jejaring sosial lain. ‘’Saya sudah nyumbang nih,’’ kata Dina Aziz, yang mengunggah tanda terimanya di media sosial.

Namun, ada pula yang mempertanyakan apakah upaya ini mampu berlangsung lama. ‘’Ini hanya membuat masyarakat merasa senang saja,’’ kata Arifin Aiman yang tengah menunggu waktu berbuka puasa. ‘’Sumbangan kita tidak cukup menutup utang kita yang jumlahnya sangat besar,’’ lanjut Arifin Aiman.

Menurut pejabat tinggi AS, dana yang diselundupkan keluar oleh Najib Razak mencapai $ 4,5 miliar dari dana investasi 1MDB, sejak 2009 hingga 2015. Belum lagi dana $ 682 juta yang masuk ke akun pribadi Najib Razak di luar negeri. Sehari setelah dilantik jadi Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Muhammad meninjau kembali rencana pembangunan jalur kereta api Singapura-Kuala Lumpur.

Pemimpin Malaysia berusia 92 tahun itu juga memangkas gaji para menteri kabinetnya sebesar 10%. Mahathir juga memperingatkan akan memangkas sejumlah proyek yang menyebabkan Malaysia terbelit utang sebanyak $ 250 miliar, termasuk utang luar negeri $ 51 miliar dan utang  1MDB sebesar $ 8 miliar.

 

2 Comments

  1. Please let me know if you’re looking for a article writer for your weblog.
    You have some really good articles and I believe I would be a good asset.
    If you ever want to take some of the load off, I’d really
    like to write some content for your blog in exchange for a link back to
    mine. Please shoot me an email if interested.
    Many thanks!

  2. Hello! Do you know if they make any plugins to
    help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted
    keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.