Press "Enter" to skip to content

Buku ‘The World As It Is’ Ungkap Hadiah Saudi bagi Keluarga Obama

Kerajaan Arab Saudi pernah menawari para pejabat Gedung Putih untuk membeli perhiasan dan permata yang diperkirakan bernilai puluhan ribu dolar. The Guardian mengabarkan, hal itu diungkap oleh Ben Rhodes, dalam buku memoir berjudul ‘’The World AS It Is’ yang beredar Selasa (5/6/2018).

Ben Rhodes menuturkan, setelah mendarat di Saudi pada 2009 lalu, para pejabat AS diantar dengan mobil golf ke sebuah bangunan di tengah gurun. ‘’Ketika saya masuk ke dalam, di sana ada kopor berisi permata,’’ tulisnya. Awalnya ia curiga, barang itu semacam upeti dari Kerajaan Saudi, namun setelah ditanyakan ke pejabat AS lainnya, mereka ternyata mendapati kopor serupa. 

‘’Kami serahkan semua itu ke bagian protokol Gedung Putih, sesuai prosedur yang berlaku,’’ tulis Ben Rhodes. ‘’Kita diberi pilihan untuk membeli cindera mata itu, sekitar puluhan ribu. Tapi tak seorang pejabat pun yang bersedia menyimpan tanda mata itu,’’ lanjut Ben Rhodes.



Sebelumnya, beredar kabar bahwa Raja Abdullah memberi hadiah Ibu Negara Michelle Obama sewaktu mendampingi Obama ke Saudi pada 2009 lalu. Michelle mendapatkan hadiah sebuah Ruby dan permata berlian bernilai total $ 132 ribu. Termasuk anting, gelang dan cincin. Sedangkan Obama dan dua putrinya, masing-masing menerima hadiah eksklusif, dan permata. Seluruh pemberian Raja Arab Saudi itu diserahkan ke Badan Arsip Nasional AS seperti yang disyaratkan hukum di AS. 

Kerajaan Arab Saudi juga memberikan hadiah kepada Presiden Donald Trump dan Ibu negara Melania, saat berkunjung ke Arab Saudi. Secara resmi Raja Salman memberikan sebuah kalung dan rante emas. Presiden Trump dan ibu negara yang didampingi Ivanka Trump dan Jared Kushner menantunya konon juga diberi hadiah. Departemen protokol AS belum mengungkapkan pemberian Saudi yang diberikan pada 2017 lalu.



Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.