Press "Enter" to skip to content

Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Indonesia terpilih untuk keempat kalinya sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB) dalam pemungutan suara yang digelar di Majelis Umum PBB di New York, Jumat (8/6). Indonesia akan menjadi anggota tidak tetap DK PBB untuk Periode 2019-2020. Indonesia terpilih dengan perolehan suara sebanyak 144 dari 190 negara anggota MU PBB. Adapun Maladewa yang menjadi pesaing Indonesia hanya memperoleh 46 suara.

Terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB diumumkan oleh Presiden Majelis Umum PBB Miroslav Lacjak. Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi memaparkan empat fokus yang bakal diusung Indonesia selama menjadi anggota tidak tetap DK PBB. Keempat fokus itu antara lain memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global untuk menyelesaikan konflik secara damai.

Selain itu meningkatkan kapasitas peran pasukan perdamaian PBB, termasuk peran perempuan. Juga meningkatkan sinergi antar-organisasi kawasan dengan DK PBB dalam menjaga perdamaian. Serta mendorong kemitraan global agar tercapai sinergi untuk berkontribusi pada agenda pembangunan PBB 2030. “Selain empat fokus tentunya isu Palestina akan menjadi perhatian indonesia selama menjadi anggota tidak tetap DK PBB,” kata Menlu RI lewat video conference dengan wartawan di Kementerian Luar Negeri, Jumat (8/6).

Indonesia pernah tiga kali menjadi anggota tidak tetap DK PBB yakni periode 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008. Lima anggota baru yang akan terpilih Jumat (8/6) akan menggantikan Bolivia, Ethiopia, Kazakhstan, Belanda dan Swedia. Negara-negara anggota tidak tetap DK PBB yang baru terpilih akan mulai menempati posisinya di DK PBB pada 1 Januari 2019.

Isu Palestina akan menjadi salah satu isu yang bakal dikedepankan Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa. Sidang Majelis Umum PBB memilih Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB untuk periode 2019-2020.

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi memaparkan empat fokus yang bakal diusung Indonesia selama menjadi anggota tidak tetap DK PBB. Keempat fokus itu antara lain memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global untuk menyelesaikan konflik secara damai.

 

Selain itu meningkatkan kapasitas peran pasukan perdamaian PBB, termasuk peran perempuan. Juga meningkatkan sinergi antar-organisasi kawasan dengan DK PBB dalam menjaga perdamaian. Serta mendorong kemitraan global agar tercapai sinergi untuk berkontribusi pada agenda pembangunan PBB 2030. “Selain empat fokus tentunya isu Palestina akan menjadi perhatian indonesia selama menjadi anggota tidak tetap DK PBB,” kata Menlu RI lewat video conference dengan wartawan di Kememterian Luar Negeri, Jumat (8/6). (Natalia Santi/CNN Indonesia)

5 Comments

  1. Excellent blog here! Also your website loads up fast!
    What host are you using? Can I get your affiliate link to your host?
    I wish my site loaded up as fast as yours lol

  2. Unquestionably believe that which you said. Your favorite
    reason seemed to be on the web the easiest thing to be aware of.
    I say to you, I definitely get irked while people think about worries that they plainly don’t know about.

    You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side-effects ,
    people can take a signal. Will probably be back to
    get more. Thanks

  3. I think what you published made a bunch of sense. But, what about this?
    what if you added a little content? I am not saying your information isn’t solid, however
    what if you added a title that makes people want more?
    I mean Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB – indonesianlantern.com is a little vanilla.
    You might peek at Yahoo’s home page and note how
    they create post headlines to get people to click.

    You might try adding a video or a related pic or two to grab people interested about everything’ve got to say.

    In my opinion, it might make your posts a little livelier.

  4. I know this if off topic but I’m looking into starting my own blog and
    was wondering what all is needed to get set up?
    I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I’m not very internet smart so I’m not 100% certain. Any tips or advice would be greatly appreciated.
    Cheers

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.