Press "Enter" to skip to content

Kenapa Kasus Bunuh Diri di AS Meningkat Jumlahnya?

Banyak yang heran, kenapa selebritas kuliner Anthony Bourdain dan Kate Spade, disainer tas wanita kondang AS harus mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri? “Bunuh diri adalah penyebab utama kematian bagi orang Amerika dan itu adalah tragedi bagi keluarga dan komunitas di seluruh negeri,” ujar Wakil Direktur Utama CDC Anne Schuchat dalam sebuah pernyataan, dikutip laman Andalou.

 

Pada 2016, hampir 45 ribu warga AS yang berusia 10 tahun atau lebih tua tewas di tangannya sendiri. Meskipun kesehatan mental sering dianggap sebagai penyebab utama kasus ini, tetapi CDC menekankan bahwa bunuh diri memiliki banyak faktor yang beririsan.

Buktinya, pemerintah pernah melaporkan, 54 persen orang yang tewas akibat bunuh diri pada 2016 tidak diketahui memiliki masalah kesehatan mental sebelumnya. “Masalah hubungan atau kerugian, penyalahgunaan obat bius, masalah kesehatan fisik, dan stres akibat pekerjaan, uang, hukum, sering berkontribusi terhadap risiko bunuh diri,” kata CDC dalam laporannya.



Schuchat menilai penanggulangan kasus bunuh diri harus melibatkan berbagai lapisan masyarakat Amerika. Ini meliputi setiap individu dan komunitas hingga pengusaha serta profesional perawatan kesehatan. “Setiap orang dapat memainkan peran dalam upaya membantu menyelamatkan nyawa dan membalikkan peningkatan (kasus bunuh diri) yang mengkhawatirkan ini,” ujarnya.

CDC juga menyarankan beberapa cara yang umum dan dapat dilakukan masyarakat guna membantu mencegah terjadinya kasus bunuh diri. Terutama, di lingkungan terdekatnya masing-masing.

Untuk pribadi, CDC menyarankan agar setiap warga menyimpan senjata api dan obat yang berpotensi mematikan dengan aman. Kemudian untuk masyarakat, CDC menyarankan memperluas jaring pengaman sosial bagi mereka yang berjuang secara finansial. (Republika.com)



Mission News Theme by Compete Themes.