Press "Enter" to skip to content

Wishnutama Kusbandio: Pariwisata Indonesia Harus Mampu Bersaing di Kancah Internasional

Wishnutama Kusbandio yang baru dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju Periode2019-2024 mengatakan akan fokus meningkatkan krreativitas dan daya tarik pariwisata Indonesia.

Liputan 6 mengabarkan, menurut Wishnutama, Presiden Jokowi secara khusus telah meminta dirinya untuk meningkatkan devisa dari sektor pariwisata. Oleh karena itu, industri wisata RI harus ditingkatkan kualitasnya tidak hanya destinasi namun juga kualitas SDM serta wisatawan itu sendiri.

 

Salah satu cara meningkatkan daya tarik wisata dalam negeri, menurut Wishnutama, adalah menggelar event-event atau festival yang berkesan. Event wisata tersebut dibuat sedikit namun berkualitas sehingga mampu menggaet wisatawan asing untuk berkunjung.

“Event itu harus dipikirkan, tidak sekadar banyak sehingga membuatwisatawan ingin datang lagi. Wisatawan juga harus berkualitas dalamartian pengeluarannya,” kata Wishnutama usai mengikuti Upacara SerahTerima Jabatan, di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta.

Namun dia menegaskan bukan berarti akan memangkas event yang saat ini sudah ada dalam Calendar of Event yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun setiap acara atau destinasi harus mampu memberikan dampak ekonomi yang nyata.

“Saya harus pelajari dulu semuanya sehingga saya tahu harus bagaimana. Tapi yang pasti apa yang dilakukan Pak Arief sangat luas biasa makanya tanggung jawab sayamakin berat. Tentu saya melanjutkan apa yang sudah ada. Mempercepat, memperbaiki, dan meningkatkan dengan pemikiran lain yang berbeda,” ujarnya.

Selain itu, pariwisata Indonesia juga harus mampu bersaing di kancah internasional. Namun pengelolaannya tetap mengacu pada kearifan lokal. “Kemampuan kreativitas kita harus lebih baik. Daya tarik itu kitaciptakan. Merawat pemberian Tuhan, mengolah destinasi menjadi penopang kreativitas wisata,” tutupnya. (Merdeka.com)

Mission News Theme by Compete Themes.