Press "Enter" to skip to content

Pentagon kebobolan bonus militer puluhan juta dolar

Angkatan bersenjata AS kebobolan puluhan juta dolar karena teledor memberi bonus kepada sejumlah personil tentara.

LA Times mengabarkan Jumat (16/12/2016), badan auditor militer AS menemukan bukti bonus dan insentif ternyata keliru diberikan kepada para tentara di berbagai negara bagian sejak 2006 hingga 2010. Berbagai negara itu antara lain Indiana, Kentucky, Missouri dan Pennsylvania.

Padahal pemberian bonus  itu merupakan bagian dari akta pemberian bonus $ 619 miliar yang hanya diberikan kepada anggota garda nasional, di California saja. Bukan di tempat lain. Setelah diaudit, dari bonus $ 1,7 juta yang diberikan kepada Indiana National Guard, 45% di antaranya diberikan kepada tentara yang tidak layak menerima bonus. ‘’Sementara di tempat lain, terjadi 1.132 kasus pemberian bonus kepada tentara  yang tidak semestinya,’’ tutur Mayor Benjamin Tooley, jurubicara Indiana Guard.

Untuk itu, sejumlah tentara yang terlanjur menerima bonus diminta mengembalikan uang kaget yang pernah diterima dari tahun 2006 hingga 2010. Dari Texas misalnya, angkatan bersenjata AS mencoba menarik kembali dana $ 4,6 juta dari tangan 2.252 tentara yang dicurigai memberi keterangan palsu. Sejauh ini dana bonus kaget yang berhasil ditarik kembali sekitar $ 1,7 juta dari 443 tentara. Sedangkan 469 kasus lain masih diselidiki.  (DP).

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *