Press "Enter" to skip to content

Harian kondang AS mulai bangkit kembali

Harian The Washington Post menambah 60 wartawan berita dan foto, bulan depan untuk memperkuat jajaran redaksinya.

NPR News melaporkan Selasa (27/12/2016), langkah itu dilakukan karena harian kondang AS itu mengalami kemajuan, setelah setahun menangguk keuntungan dari edisi digital dan iklan. Dengan demikian, jumlah redaksi The Post meningkat 8 persen menjadi 750 wartawan lebih.

Tambahan tenaga redaksi itu untuk memperkuat tim investigasi, memperluas jurnalisme video, staf ‘breaking news’, dan untuk menambah personalia siaran podcast dan fotografi.

Tampaknya investasi yang ditanamkan Jeff Bezos, pendiri Amazon senilai $ 50 juta, membeli harian itu pada 2013 silam, membuahkan hasil. ‘’Kini perusahaan ini menjadi perusahaan yang menguntungkan dan berkembang pesat,’’ tulis Fred Ryan, penerbitnya dalam nota edaran yang disebarkan ke seluruh karyawan. Menurut Ryan, edisi online The Post meningkat 50% sejak beberapa tahun lalu. Jumlah pelanggan juga naik 75%, dua kali lipat dari edisi online.

Nasib yang sama juga dialami harian The New York Times. Mark Thompson, CEO harian terkenal itu menjelaskan kepada stasiun CNBC bahwa pelanggannya bertambah 132 ribu orang dalam 18 hari setelah pemilu presiden 2016. Sepuluh kali lipat dari penambahan pelanggan dalam periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, Harian The Los Angeles Times dan The Wall Street Journal juga mengalami peningkatan pelanggannya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *