Press "Enter" to skip to content

Buku ‘Mein Kampf’ karya Adol Hitler jadi buku terlaris

Buku manifesto politik Adolf Hitler berjudul ‘Mein Kampf’ menjadi buku terlaris di Jerman tahun silam.

Laman RT.com mengabarkan Rabu (4/1/2017), Der Tagesspiegel, penerbitnya mengaku terkejut dengan penjualan yang naik tajam. ‘’Kami perkirakan hanya terjual 4 ribu kopi edisi cetakan pertama. Tapi nggak tahunya kami berhasil menjual sampai 85 ribu buku,’’ tutur Andreas Wirsching, kepala Intitute for Contemporary History yang ikut menerbitkan buku karrya Adol Hitler itu. Cetakan ke-6 diperkirakan akan beredar di pasaran akhir Januari.

Pemerintahan negara bagian Bavaria memiliki hak cipta buku asli Hitler selama 70 tahun meninggalnya pemimpin Nazi Jerman itu.

Buku Mein Kampf, yang versi Inggrisnya berjudul ‘My Struggle’ itu merupakan bagian dari manifesto politik Adol Hitler. Di buku itu, pemimpi Nazi itu mengungkapkan ideologinya yang berbasis Nazisme dan menyebarkan sikap dan pandangannya yang ultra-nasionalis dan kebenciannya terhadap kaum Yahudi. Enam juta warga Yahudi dibunuh lewat berbagai cara, termasuk dimasukkan ke dalam kamar gas.

Central Park SightseeingApril lalu, parlemen negara bagian Bavaria membicarakan kemungkinan buku Mein Kampf  itu dijadikan kurikulum di sekolah-sekolah setempat. Meski ide itu banyak pendukungnya, namun Komunitas Yahudi di Munich dan Bavaria memperingatkan buku itu dapat merusak pola pikir para pelajar. ‘’Sikap anti-semit Hitler yang penuh kebencian tidak sesuai dengan proses pengajaran di sekolah-sekolah,’’ ujar Charlotte Knobloch.

Kembalinya buku Mein Kampf di pasaran, ternyata cukup mengejutkan warga Italia. Bahkan beberapa pelajar menyebutkan buku itu sebagai salah satu dari 10 buku favorit mereka. Menurut Wirsching, buku Mein Kampf yang telah diedit akan diteribtkan di Prancis. ‘’Bahkan bisa jadi buku itu bakal diterbitkan pula dalam bahasa asing lainnya,’’ ujar Andreas Wirsching, kepala Intitute for Contemporary History.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *