Press "Enter" to skip to content

Ratusan milyuner China jadi anggota parlemen

Ratusan anggota parlemen China merupakan warga terkaya di Negara Panda itu dengan kekayaan bernilai total $ 500 miliar.  CNN mengabarkan, Jumat (3/3/2017) hal itu diungkap oleh Hurun Report, yang memuat daftar orang-orang kaya China. Dalam laporannya, Hurun Report mengungkapkan sekitar 209 orang kaya China menjadi anggota Kongres Partai Nasional Rakyat China, parlemen China. Selain itu, banyak di antaranya yang menjadi pejabat di Konperensi Konsultan Politik Rakyat China, badan penasehat politik China.

 

Di antara nama-nama kondang, termasuk Ma Huateng yang dikenal dengan nama panggilan Pony. Pendiri dan CEO perusahaan teknologi Tencent ini menjadi anggota parlemen terkaya dengan kekayaan bernilai  $ 24 miliar. Disusul oleh Li Yanhong atau Robin, kepala perusahan internet Baidu yang memiliki kekayaan sampai $ 14 miliar.

Kekayaan anggota parlemen China itu mengalahkan anggota parlemen Amerika. Hal ini dimungkinkan karena para anggota parlemen AS diminta melepaskan bisnisnya setelah menjadi anggota parlemen,untuk menghindari konflik kepentingan. Karena itu, menurut laporan Hurun, anggota Kongres China tidak punya wewenang sebesar anggota parlemen AS.

Dalam pertemuan tahunan, para anggota parlemen China akan hadir sebagai simbol belaka. Meski mereka memberikan suara, namun kata akhir terletak di tangan Partai Komunis China. ‘’Pertemuan politik yang berlangsung tiap tahun itu, menjadi kesempatan bagi para pengusaha kaya itu untuk melakukan lobi terhadap anggota Partai Komunis China yang menentukan kebijaksanaan ekonomi dan perdagangan,’’ tulis CNN.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *