Press "Enter" to skip to content

Media China tanggapi serius gurauan The New Yorker

Media China menganggap serius sebuah berita satire yang ditulis Andy Borowitz, seorang penulis dan komedian AS di majalah The New Yorker.

Dalam edisi yang terbit Kamis (9/3/2017), CNN mengabarkan, sebuah situs bernama Reference News menurunkan berita serius. Reference News yang diterbitkan kantor berita resmi Xinhua itu menurunkan artikel tentang Presiden AS Donald Trump yang digambarkan mondar-mandir di Gedung Putih mengenakan kimono mandi. ‘’Trump memberi perintah kepada Kellyane Conway, penasehatnya dan Sean Spicer, sekretaris persnya untuk membungkus seluruh telepon Gedung Putih dengan kertas alumunium foil,’’ tulis berita tersebut.

Padahal, berita itu adalah tulisan satire yang ditulis Andy Borowitz di The New Yorker 4 Mei silam, untuk mengolok-olok Trump. Ini berhubungan dengan pembocoran dokumen CIA oleh Wikileaks. Bahkan dalam artikel itu, Reference News memasang judul cukup menggelikan: ‘’Trump memutar balikkan Gedung Putih dan mencoba mencari Obama: ‘’Dia masih di sini. Saya tahu itu!’’ Kalimat itu mirip dengan kolom The New York yang menggambarkan Trump tidak tidur beberapa malam untuk mengawasi pencegahan penyadapan. ‘’Ikat yang erat!‘’

Untung saja artikel itu sempat diturunkan Reference News setelah tayang beberapa jam, walau sempat dikutip beberapa media berbahasa China. Termasuk majalah bisnis Caijing, portal berita Sina, dan situs teknologi raksasa Tencent.

Tentu saja Reference News jadi bulan-bulanan CNN. ‘’Media China tampaknya bingung membedakan satire dengan berita serius,’’ tulisnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *