Press "Enter" to skip to content

Kunjungan pulang Kampung Barrack Obama ke Indonesia

Kunjungan ‘pulang kampung ‘ Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Hussein Obama ke Indonesia bisa dikatakan sangat berkesan. Terlepas dari posisinya yang tidak lagi menjabat sebagai presiden sebuah negara adidaya. Sebab, lawatan ini bertepatan dengan libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Bersama istri dan kedua anaknya, Malia dan Sasha, dia mengunjungi sejumlah tempat wisata di Bali dan Yogyakarta.Baginya, Yogyakarta bukanlah tempat yang asing.Barry, sapaan Obama, sewaktu kecil kerap datang dan menghabiskan waktunya di rumah paman tirinya di Bulaksumur, Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman, setiap libur panjang. Di kota Pendidikan itu, dia mengunjungi Candi Borobudur-Candi Prambanan dan santap kuliner khas Bantul, Mie Letek.

Menurut Dino Pati Djalal, Obama menikmati saat ‘pulang kampung’. “Dari foto-foto yang beredar, dia senang. Yang jelas menikmati kunjungan ke Indonesia,” kata dia. Sebagai kenang-kenangan kepada pria yang pernah bersekolah di SD Katolik Santo Fransiskus Asisi dan SDN 01 Menteng itu, pihak Diaspora Indonesia akan memberikan hadiah. Namun, sampai saat ini, Dino mengaku masih merahasiakannya.

Untuk menyambut kunjungan Obama, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberlakukan pengamanan very very important person (VVIP) atau setingkat dengan presiden. Sudah ada koordinasi antara kepolisian dengan pasukan pengawal presiden Amerika Serikat (secret service).

Wakil Kepala Polda Metro Jaya, Brigadir Jenderal Suntana, mengatakan Polda Metro Jaya telah melakukan persiapan ke wilayah yang akan dijadikan kunjungan termasuk jalur jalan dan hotel yang dipergunakan. Total 932 personel termasuk tim gegana dipersiapkan untuk pengamanan. “Ini operasi waskita. Kami akan membackup teman-teman TNI di ring 2 dan ring 3. Dalam operasi waskita ada pengamanan melekat dari paspamres,” tambahnya. (Tribunnews.com)

SaveSave

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.