Press "Enter" to skip to content

Fatwa Baru Arab Saudi: Umat Muslim Diizinkan sholat di Gereja dan Sinagoga

Abdullah bin Sulaiman Al-Manea mengeluarkan fatwa baru yang isinya umat Muslim diizinkan bersholat di masjid Shia atau Sunni, juga di gereja-gereja dan sinagoga.

International Business Times mengabarkan Jumat (10/11/2017), hal itu diungkapkan oleh Abdullah bin Sulaiman, salah satu anggota Dewan Dakwa Senior Arab Saudi. Ulama senior itu tak lupa menambahkan bahwa seluruh bumi adalah milik Allah, seperti yang diucapkan Nabi Muhammad SAW. ‘’Bumi merupakan tempat bersujud dan sarana pemurnian bagi saya dan hambanya!’’

Karena Islam adalah agama yang toleran, maka umat Muslim tidak boleh mempunyai perbedaan dalam memandang dasar-dasar Aqidah Islam. ‘’Mereka hanya boleh berbeda aliran saja,’’ kata Abdullah bin Sulaiman seperti dikutip Arab News. Dalam kesempatan itu, Abdullah bin Sulaiman menjelaskan, hal itu diungkapkan Nabi Muhammad saat menerima sebuah delegasi agama Kristen dari Najran ke masjid. ‘’Mereka dipersilakan untuk berdoa sesuai agamanya,’’ kata Abdullah bin Sulaiman. ‘’Karena itulah, mereka yang beragama non-Muslim harus diperlakukan seperti itu oleh umat Muslim,’’ tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Abdullah bin Sulaiman menguraikan bahwa agama Islam tersebar di sejumlah negara seperti Indonesia dan Malaysia, karena kebaikan hati para saudagar Muslim. Ketulusan dan kebaikan hati para saudagar Muslim itulah yang menarik perhatian warga di negara-negara tersebut menganut agama Islam. 

 

Fatwa yang menggembirakan banyak pihak itu, bukan kali ini saja dikeluarkan Kantor Abdullah bin Sulaiman Al-Manea. Sekitar 10 tahun silam, juga pernah mengeluarkan imbauan bahwa umat Muslim diizinkan masuk ke gereja untuk melihat-lihat bagian dalamnya dan memperoleh pengetahuan tentang tempat-tempat ibadah agama lain. ‘’Umat Muslim boleh masuk ke gereja untuk mempelajari tentang umat Kristen. Sebaliknya, warga Kristen juga diizinkan masuk ke masjid dan berdoa. Kecuali Masjid Agung di Makkah,’’ kata Adullah bin Sulaiman Al-Manea.

Klik tautan berita aslinya: Saudi Arabia scholar issues fatwa, says Muslims may pray in churches and synagogue

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *