Press "Enter" to skip to content

Barrack Obama Berulang tahun ke-57 Sabtu 4 Agustus 2018

Barrack Obama berulang tahun ke-57 Sabtu 4 Agustus 2018. Mantan presiden AS yang lahir di Honolulu, Hawaii itu kebanjiran ucapan selamat di Twitter dari sejumlah kerabat dan stafnya yang pernah bekerja dengannya. Mulai dari selebritas, wartawan, pemimpin politik, bintang olahraga dan para aktivis dan politikus lainnya mengucapkan selamat bagi mantan orang nomor satu AS itu.

”Setiap makan siang kita, merupakan sorotan setiap pekan di Gedung Putih. Termasuk mampir di kedai kopi para veteran, Dog Tag Bakery pekan lalu. Selamat hari jadi saudaraku, teman karibku,” tulis Joe Biden, mantan wakil presiden AS. Sementara Michelle Obama, mengirim cuitannya: “Selamat Ultah Barrack Obama. Pemandangan ini selalu lebih indah bila bersamamu”.

Beberapa cuitan mengunggah potongan video, seperti yang dilakukan O The Oprah Magazine. ”Pada saat ultah Obama, kami dikunjungi 2006 kata-kata ke Oprah tentang harapan di masa-masa hitam. Selamat Ultah Barrack Obama”. Ucapan selamat juga datang dari sejumlah jaringan televisi AS, seperti CBS, ABC dan lainnya.

Barack Hussein Obama II adalah seorang politisi Amerika yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-44. Ia merupakan orang Afrika Amerika pertama yang menempati jabatan tersebut. Lahir di Honolulu, Hawaii, Obama merupakan lulusan Universitas Columbia dan Harvard Law School, tempat ia menjadi presiden Harvard Law Review. Ia dulunya seorang penggerak masyarakat di Chicago sebelum meraih gelar sarjana ukumnya.

Ia bekerja sebagai jaksa hak-hak sipil di Chicago dan mengajar hukum konstitusi di University of Chicago Law School sejak 1992 sampai 2004. Ia tiga kali mewakili Distrik ke-13 di Senat Illinois mulai tahun 1997 hingga 2004, namun tidak lolos ke tahap Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat tahun 2000. Pada tahun 2004, Obama mendapat perhatian nasional saat berkampanye mewakili Illionis di Senat Amerika Serikat melalui kemenangannya pada pemilu pendahuluan Partai Demokrat bulan Maret, pidatonya di Konvensi Nasional Demokrat bulan Juli, dan pemilihannya sebagai Senat pada bulan November.

Ia memulai kampanye presidennya tahun 2007, dan pada tahun 2008, setelah kampanye pendahuluan melawan Hillary Rodham Clinton, Obama memenangkan mayoritas suara delegasi dalam pemilu pendahuluan partai Demokrat untuk dijadikan calon presiden.

Ia kemudian mengalahkan calon dari Partai Republik John McCain dalam pemilihan umum presiden tahun 2008, dan dilantik sebagai presiden pada tanggal 20 Januari 2009. Sembilan bulan kemudian, Obama dinyatakan sebagai pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2009. Ia terpilih lagi sebagai presiden pada November 2012, mengalahkan Mitt Romney dari Partai Republik, dan dilantik untuk kedua kalinya pada tanggal 20 Januari 2013.