Press "Enter" to skip to content

Pesan Najwa Shihab bagi Generasi Milenial Indonesia

Oleh: Najwa Shihab

Adik-adik remaja sekalian, jika kalian masih bercita-cita jadi PNS, biar besok2 hidup terjamin sampai tua, maka itu adalah cita-cita generasi lama sekali/Generasi tempo dulu yakni orang tua kita dulu, SMA angkatan 70-80 mungkin masih begitu.

Jika kalian bercita-cita jadi karyawan BUMN, biar gaji bagus, pensiun ada, besar pula, maka itu juga adalah cita cita generasi lama yakni paman-paman kita dulu, tante-tante kita dulu, SMA angkatan 90-an, itu cita-citanya. Jika kalian bercita-cita jadi karyawan multi nasional company, perusahaan swasta besar, biar bisa tugas di luar negeri, tunjangan dollar, itu juga cita-cita kakak-kakak kita dulu, yang SMA angkatan 2000-an.

Kalian adalah generasi berbeda..Kalian adalah yang SMP, SMA, atau kuliah di tahun 2010 ke atas.
Seharusnya kalian TIDAK BERCITA CITA seperti itu lagi karena Kalian adalah warga negara dunia, tersambung dengan seluruh sudut dunia.

Apa cita-cita kalian saat ini?

Jadilah PEKERJA KREATIF Seperti berwiraswasta, profesi pekerjaan yang bebas, dan pekerjaan2 yang menakjubkan lainnya. Mungkin saat ini kalian sering menonton film Super Hero seperti Iron Man, Avengers, Minion, maka Percayalah besok2 giliran film kalian lah yang ditonton orang, akibat kedahsyatan Tindakan Positif yg kalian lakukan

Mungkin saat ini kalian masih menjadi konsumen Burger King, KFC, dll, maka besok-besok giliran orang lain yang jadi konsumen franchise milik kalian. Hari ini kalian memakai baju, pakaian buatan orang lain, besok-besok giliran orang lain yang pakai baju produksi kalian. Hari ini kalian berobat ke rumah sakit, besok2 giliran orang yang berobat di klinik dengan sistem dan cara yg berbeda milik kalian.

Itulah dunia kalian..Masa depan..
Jangan mau hanya jadi pengikut, follower, tapi berdiri lah di depan, giliran orang lain yang mengikuti dan mendengarkan trend yg kalian buat. Maka bila saat itu tiba, kalian bisa benar2-benar akan bilang : “Merdekaaa”!!

 

Ayolah, lupakan sejenak bekerja jadi PNS, karyawan BUMN, atau karyawan swasta, masuk pagi, pulang malam.
30-40 tahun bekerja, lalu pensiun. Hal Itu sudah terlalu banyak orang yang melakukannya, masa kalian akan ikut jalan serupa juga ?, saatnya kalian memulai jalan berbeda…!!!

Jangan takut dengan kegagalan, jangan takut dengan tidak punya pekerjaan, menganggur, dll, dll. Sepanjang kita memang sungguh2, tahan banting, mau melewati Proses, siap menghadapi Tantangan maka kalian bisa menjadi org yang terbaik di bidang yang kita geluti. Setinggi apapun jabatan kalian, jika masih PNS, karyawan BUMN, karyawan swasta, maka sejatinya tetap saja kalian adalah Pesuruh orang lain. Punya atasan, dan hidup kita laksana siklus dari bulan ke bulan, gajian ke gajian.

Asyik dan senang duduk di belakang meja, lamat-lamat menatap media sosial, komen ini, komen itu, dan sebagainya, dan sebagainya. Tapi tetap saja begitu-begitu saja hidup kita tak kunjung ada perubahan yg mumpuni. Tidak, adik-adik sekalian, hidup kalian bisa lebih berwarna. Kalian bisa jadi apa saja yg kalian mau.

Jangan buat sempit cita-citamu dan mimpi-mimpi kalian. Generasi kalian seharusnya tidak terikat waktu, tidak korupsi waktu, sebaliknya kalian adalah Generasi bebas dan fleksibel yang menentukan jam kerja sendiri secara Bebas. Yakinlah, besok lusa, karya kalian lah yg akan menaklukkan kota-kota jauh, bahkan negara-negara jauh. Besok lusa, profesi kalian lah yg akan memiliki reputasi tinggi hingga pulau-pulau seberang bahkan ke benua-benua luar.

Kalian bukan lagi generasi yang bahkan naik pesawat saja mahal dan susah. Atau mau berkirim kabar harus memakai telegram dan pager. Sambutlah masa depan kalian yang gemilang. Jadilah pekerja kreatif, wiraswasta, profesi2 yang penuh passion dan suka-cita. Itulah panggilan generasi kalian. Dan saat kalian bisa menggapainya, kalian bisa berteriak sekencang mungkin: Merdekaaa…!!! Karena hidup kalian sungguh sudah merdeka.

Mulailah dari sekarang wahai remaja. Cari hobi dan aktivitas yg bermutu dan bermanfaat. Tekuni. Besok-besok kalian lah yg menjadi master di bidang tersebut. Maka kita tidak lagi bicara tentang besok pagi2 berangkat kerja, sore2 pulang kerja dan bermacet ria, aduhhh, besok sudah Senin lagi (harus kerja lagi hal yang itu itu saja )
Tetapi Kalian akan bicara: besok saya akan menginspirasi siapa, nanti sore saya akan mengubah apa, dan besok Senin saya akan meluncurkan karya apa lagi. (Najwa Shihab)

Mission News Theme by Compete Themes.