Press "Enter" to skip to content

Menata Nalar Bangsa lewat Inisiatifnews.com

Sebentar lagi akan muncul sebuah media independen Indonesia yang menjadi penengah antara dua kubu berbeda. Media itu diberi nama ‘Inisiatif News’, yang rencananya akan diluncurkan oleh Mohammad Mahfud MD, awal Februari 2019 nanti. ”Dalam situasi politik yang memanas, kita butuh seorang Mahfud MD yang mampu menurunkan suhu politik,” tutur Aries Margono SH, pemimpin redaksi inisiatifnews.com.

Situs Inisiatifnews.com yang kini bisa diakses di internet itu, memang tergolong unik. Situs bertema ”Merawat Nalar Bangsa” itu menampilkan sejumlah rubrik berisi pemikiran dan opini Mahfud MD yang dikenal garang dan blak-blakan, dan disampaikan dalam bahasa kawula muda.

Misalnya, cara sosialisasi Pancasila di kampus-kampus dengan bahasa kekinian, sehingga tidak terasa jemu dengan pemikiran dan pandangan hukum Mahfud MD, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu. ”Dia tidak punya media yang bisa menampung jalan pemikirannya yang banyak diminati kawula muda,” tutur Aries.

”Media yang tersedia, hanya melalui Twitter yang kini pengikutnya jutaan orang,” katanya menambahkan. Mahfud MD memang dikenal berani melawan kelompok radikal. Pada tahun 2012, Mahfud kelahiran Sampang, Madura itu, mengusulkan agar setiap ulama dan ustad diberi sertifikat khusus oleh Badan Anti Terorisme National, sehingga ia diprotes banyak kalangan.

Aries Margono (kedua dari kiri) bersama jajaran redaktur inisiatifnews.com

Apalagi, sejauh ini sejumlah media Indonesia hanya menampilkan berita-berita hangat yang kemudian diplintir sesuai kepentingan kelompok tertentu. ”Bukan tampil sebagai penengah atau menyejukkan,” kata Aries. Setelah melalui pembahasan dalam forum kajian Inisiatif yang diprakarsai Mahfud MD, muncul ide untuk membuat media baru bernama inisiatifnews.com itu.

Untuk sementara ini, jajaran redaktur utama terdiri dari tiga orang. Aries Margono SH, mantan wartawan TEMPO bidang hukum, dan Manajer Divisi News televisi TV-One, duduk sebagai Pemimpin Redaksi inisiatifnew.com. Lalu ada Masduki Baidlowi, Ketua bidang Komunikasi & Informasi Majelis Ulama Indonesia, MUI sebagai Pemimpin Umum inisiatif.com

Ada pula nama Rizal Mustary, Redaktur Eksekutif yang pernah menjadi produser news Liputan6 SCTV, TransTV, Astro TV di Malaysia. Dan terakhir adalah Mabroer SW, mantan redaktur Harian Republika sebagai Wakil Pemimpin Umum inisiatif.com. Mereka dibantu oleh sembilan relawan dari kelompok Sahabat Mahfud yang ada di sejumlah kota besar Indonesia. ”Kantornya masih mengontrak di Jalan Kramat Raya 6, Jakarta,” tutur Aries Margono.

Selain memasang sejumlah tulisan aktual, inisiatif.com juga mengunggah pidato dan pemikiran Mahfud MD yang diunggah lewat video. ”Meski begitu, Pak Mahfud tidak ikut campur masalah keredaksian, dan tidak duduk sebagai pengurus majalah ini,” tutur Aries Margono sambil menambahkan, biaya operasional majalah baru itu masih didapat dari sumbangan sejumlah relawan dan donatur. Selamat dan semoga sukses menata nalar bangsa. (DP).