Press "Enter" to skip to content

Pencipta Lagu ‘Bento’ Naniel Yakin, Meninggal Dunia

Musisi dan jurnalis Naniel Yakin meninggal dunia hari ini, Jumat (21/2/2020). Sebelum meninggal, Naniel menderita lumpuh dan hidup cukup mengenaskan. Padahal, Naniel Yakin adalah pencipta lagu “Bento”, sebuah lagu fenomenal yang dinyanyikan Iwan Fals. Lagu tersebut masih populer hingga kini dan kerap dinyanyikan sejumlah musisi di atas panggung.

 

Tapi kehidupan Naniel Yakin tak semewah lagu “Bento” ciptaannya. Boleh dibilang, mantan wartawan Suara Pembaruan ini hidup pas-pasan, dan bisa dibilang cukup mengenaskan. Naniel Yakin sempat mengalami patah kaki dan hal tersebut sangat menghambat aktivitasnya. Lelaki yang mahir bermain flute ini pun hanya tegolek lemah di rumahnya.

Kondisi Naniel Yakin rupanya menggugah perasaan seorang Deddy Corbuzier. Bersama sebuah organisasi wartawan, presenter “Hitam Putih” itu pun sempat menjenguk Naniel Yakin dan memberikan sumbangan pada 2016.

Kemudian pada Februari 2017, seorang tokoh nasional Prof Abdul Hadi MW menjenguk Naniel Yakin di rumahnya. Kepada wartawan, Prof Abdul Hadi mengaku sangat prihatin atas kondisi Naniel.

 

“Sebetulnya bukan hanya sakitnya yang membuat kami prihatin. Rumah yang dihuni pun hanya gubuk kecil yang jauh dari layak. Komunitas musik dan seni harusnya ada yang terpanggil untuk membantunya,” kata kata Prof Hadi, mengutip tulisan dari Zulfikar Akbar. Dari kondisi Naniel Yakin ini pun seakan memberikan sedikit gambaran, bahwa banyak musisi yang berpengaruh dan memiliki karya luar biasa, namun kurang dihargai. (Suara.com)