Press "Enter" to skip to content

Kesetaraan Gender Jadi Tema Hari Perempuan Sedunia 2020

Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini Minggu 8 Maret 2020, dirayakan di sebagian wilayah di dunia. Sebagai tema untuk tahun 2020 ini, peringatan hari international itu mengambil tema Kesetaraan Gender atau #EachforEqual.

 

Pada 2017 isu serupa juga diangkat di Hari Perempuan Internasional lewat hashtag #BeBoldForChange. Yakni gerakan untuk memberi semangat kaum wanita agar berani mengambil langkah nyata dan melakukan terobosan baru dalam membantu mewujudkan kesetaraan gender.

“Dunia yang setara adalah dunia yang memungkinkan untuk melakukan apapun. Kesetaraan bukan hanya isu wanita tapi juga isu bisnis. Kesetaraan gender sangat penting untuk perkembangan ekonomi dan masyarakat. Dunia yang setara secara gender bisa jadi lebih sehat, kaya dan harmonis,” demikian penjelasan di situs resmi Hari Perempuan Internasional.

Melalui website resminya, anda bisa bergabung untuk merayakan Hari Perempuan Internasional. Kaum wanita juga diminta melakukan pose #EachforEqual dan mengunggahnya ke media sosial disertai pesan makna dari pose tersebut. Pose #EachforEqual dilakukan dengan mengangkat tangan kanan dan tangan kiri ke depan dada. Dengan posisi tangan kanan di atas tangan kiri sebagai lambang kesetaraan.

Setiap tahun Hari Perempuan Internasional umumnya dirayakan secara berbeda di berbagai negara. Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kambija, Kuba, Turkmenistan, Uganda, Ukraina hingga Vietnam menjadikan tanggal 8 Maret sebagai hari libur nasional.

Sementara di China dan Nepal, hari libur ini dipersembahkan hanya untuk perempuan. Sejumlah negara lain merayakan Hari Perempuan Internasional selayaknya Hari Ibu, dengan memberikan hadiah kepada ibu, kekasih atau kakak/adik perempuan seikat bunga atau hadiah lainnya. (wolipopdetik.com)