Facebook Hibahkan Dana Lewat Journalism Project ke Indonesian Lantern

Portal berita Indonesianlantern.com dinyatakan sebagai salah satu penerima hibah Facebook bersama 144 organisasi media lain di AS.

Lewat sebuah program bernama the ”Facebook Journalism Project relief fund for local news”, kami menjadi salah satu penerima hibah yang nilainya mulai $ 25 ribu (setara Rp 375 juta) hingga $ 100 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar.

 

Dan itu tidak mudah. Indonesianlantern.com harus melewati seleksi ketat 2 ribu pelamar yang dilakukan sejumlah organisasi media massa terkenal. Di antaranya Local Media Association; The Lenfest Institute for Journalism, juga Online News Publishers, Local Media Consortium serta National Association Broadcasters.

Di antara peraih hibah dari negara bagian Pennsylvania, lokasi kantor pusat indonesianlantern.com, tercatat harian Mexico Al-dia News Media dan Philadelphia Inquirer. Dua harian terbesar di Philadelphia berbahasa Spanyol dan Inggris masing-masing menerima hibah $ 99 ribu dan $ 150 ribu. Sementara Indonesianlantern.com memenangkan hibah sebesar $ 25 ribu bersama satu harian Philadelphia lainnya.

Meski jumlah itu belum bisa tergolong besar, namun dana hibah itu menjadi pendorong bagi kami yang sejak tahun 2012 bergulat dengan dana pribadi.

Seperti diketahui, indonesianlantern.com lahir dari sebuah warung kopi yang bising, di kawasan pusat Philadelphia. Kala itu, dua wartawan Indonesia merasa kurang sreg dengan penerbitan sejumlah majalah Indonesia di Amerika Serikat. ‘’Alangkah lebih baik bila ada majalah yang dikelola oleh wartawan Indonesia,’’ kata Indah Nuritasari, mantan wartawati Majalah Swa kepada rekannya Didi Prambadi. ‘’Media massa Indonesia yang beredar di AS dikelola oleh orang-orang yang bukan wartawan,’’ tegasnya lagi.

Obrolan singkat di cafe yang riuh dengan obrolan pengunjung itulah yang melahirkan Indonesian Lantern. Sebuah majalah versi cetak pun terbit sekali dalam dua bulan. Dibantu Anyen Lim, salah satu ahli Informasi Teknologi yang membantu mengelola masalah teknis, Didi Prambadi menyusun dan mendisain portal berita indonesianlantern.com.

Hingga kini indonesianlantern.com memiliki sekitar 300 ribu pembaca setiap harinya. Mayoritas pembaca dari Indonesia, disusul pembaca dari AS dan Eropa serta negara-negara lain.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih atas dukungan para pembaca indonesianlantern.com. Semoga portal berita kami menjadi sumber informasi warga Indonesia di tanah air dan seluruh dunia.

Lewat program bantuan dana yang dimulai bulan Maret lalu, Facebook menghibahkan dana bernilai total $ 25 juta. Bantuan dana yang harus dikelola selama tiga bulan itu, merupakan bagian dari suntikan dana $ 100 juta yang diinvestasikan ke bidang pemberitaan global. (DP)

.

Recent Posts

Satay Bistro, Kuliner Indonesia di Philadelphia, Amerika

Satay Bistro, salah satu kuliner Indonesia yang berlokasi di 1240 Spring Garden, Philadelphia, Amerika,  menyajikan…

4 days ago

Lebaran di Philadelphia, Amerika 2024 ( Ied Al-Fitr in Philadelphia)

Pada tanggal 10 April 2024, masyarakat muslim Indonesia yang tinggal di Philadelphia dan sekitarnya melaksanakan…

6 days ago

Wawancara dengan Tantri Dyah Kiranadewi : Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri KOWANI

  KOWANI adalah salah satu lembaga wanita terbesar di Indonesia. Dalam wawancara yang dilakukan di…

2 weeks ago

Philadelphia City Hall Event : Interfaith Iftar, One Philly, One Stronger Together

During this event, religious and city leaders gathered at Philadelphia's City Hall to participate in…

2 weeks ago

Film Review of Eksil (2022): the stories of the Indonesian exiles

  Di sana tempat lahir beta                  …

2 weeks ago

Indonesia Bagian dari Kongres CSW 68-Side Event di UN, NY, Membahas tentang Kemiskinan dan Pemberdayaan Perempuan

CSW 68 adalah salah satu kegiatan tahunan dari United Nations Commision on the Status of…

3 weeks ago