Press "Enter" to skip to content

Joseph Robinette Biden Jr. Terpilih Sebagai Presiden AS ke-46

Kabar itu diberitakan NBC News sekitar pukul 11.49 siang. Kandidat presiden Partai Demokrat Joe R. Biden Jr. ditetapkan sebagai presiden terpilih setelah meraih 273 suara elektoral atau Electoral Votes mengalahkan Donald Trump, petahana dari Partai Republik yang meraih 214 suara.

Biden yang akan menjadi Presiden ke-46 bukanlah sosok baru di panggung politik. Politikus 78 tahun itu, terjun pertama kali ke panggung politik pada 1970 saat terpilih sebagai anggota Dewan New Castle County. Lalu dua tahun kemudian pada tahun 1972, Joe menjadi senator kelima termuda AS.

Selama karirnya sebagai senator, ia pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri AS. Selain itu pernah mengetuai perlucutan senjata Uni Soviet, juga mewujudkan perdamaian di Balkan, termasuk memperluas Pakta Pertahanan Atlantik Utara NATO dan menambahkan sejumlah negara-negara bekas Uni Soviet.

Sejak 1987, Joe Biden memutuskan untuk maju sebagai calon presiden AS. Waktu itu, ia gagal maju karena dituduh melakukan plagiat pidato. Ia kemudian dinyatakan doktor menderita kelainan otak aneurysms dan harus menjalani operasi serius. Selama tujuh bulan ia sempat istirahat sebelum kembali menjadi senator.

 

Pada tahun 2008, Joe Biden mendampingi Barrack Obama menjadi wakil presiden mengalahkan saingannya, Senator Arizona John McCain yang berpasangan dengan Sarah Palin, Gubernur Alaska sebagai wakil presidennya.

Presiden terpilih berusia 78 tahun bernama lengkap Joseph Robinette Biden Jr. ini lahir di Scranton, Pennsylvania pada 20 November 1942. Kawasan warga kulit putih pinggiran yang kebanyakan bekerja sebagai tenaga kasar. Ayahnya Joseph Biden Sr bekerja sebagai salesman mobil bekas sambil menyambi sebagai tukang pembersih saluran udara dan pemanas rumah.

Karena kondisi keuangan yang pas-pasan dalam keluarganya, Joseph Biden yang dikenal sebagai pemeluk agama Katolik terpaksa pindah ke Mayfield, Delaware. Negara bagian yang berbatasan dengan Pennsylvania. Kawasan itu dihuni komunitas kelas menengah yang bekerja di Pabrik Kimia DuPont.

Joe Biden diterima di Archmere Academy, sebuah sekolah SLTA cukup prestisius di kalangan kulit putih. Meski begitu, Joe harus bekerja untuk menutup biaya sekolahnya dengan cara membersihkan jendela sekolah dan merawat kebun sekolah.

Biden menamatkan kuliah di University of Delaware bidang ilmu politik dan sejarah, dan minatnya di bidang politik makin mencuat setelah ia melihat pelantikan presiden John F. Kennedy pada 1961.  Selama menjabat sebagai senator di Washington DC, Joe Biden harus pulang pergi naik kereta antar kota Acela/Amtrak ke rumahnya di Wilmington Delaware, untuk merawat putrinya yang menderita kanker. Karena itu, ia dijuluki sebagai senator Amtrak. (DP)

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.