Press "Enter" to skip to content

Tom Hanks, Lady Gaga & J Lo Ramaikan Malam Pelantikan Joe Biden & Kamala Harris

Bintang layar perak Tom Hanks akan menjadi pemandu utama di acara Malam Hiburan Pelantikan Joe Biden sebagai presiden AS ke- 46, bersama Kamala Harris sebagai wakil presiden hari Rabu 20 Januari 2021 lusa.

Lady Gaga akan tampil membawakan lagu kebangsaan AS ‘’The Star Sprangled Banner’’ pada malam hiburan yang dihadiri sekitar 3000 undangan. Jumlah undangan menyusut drastis dari semula 200 ribu orang yang biasanya diundang dalam acara pelantikan presiden AS. Faktor keamanan menjadi penyebab utama jumlah undangan dikurangi.

Sejumlah bintang yang akan menghibur pada malam itu antara lain Jennifer Lopez, Bruce Springteen, John Legend, Jon Bon Jovi, Demi Lovato, Justin Timberlake, Foo Fighters dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam deretan tamu utama akan hadir mantan presiden Bill Clinton dan Hillary, George W. Bush dan Laura Bush serta Barrack Obama bersama Michelle Obama. Dalam daftar acara Wakil presiden Mike Pence dikabarkan akan hadir pula. Mantan presiden Jimmy Carter dan Rosalynn Carter tidak dapat hadir karena kondisi kesehatannya yang belakangan menurun.

Di National Mall, taman yang membentang di depan Capitol Hill di Washington DC, akan dihiasi dengan 191.500 bendera Amerika, dan 56 pilar lampu gemerlap, yang mewakili mereka yang tidak dapat hadir secara langsung di acara pelantikan presiden AS ke-47.

Acara pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris akan dikawal oleh 25 ribu pasukan Garda Nasional yang sejak awal pekan ini berada di Gedung Parlemen. Pagar setinggi tiga meter dibangun mengelilingi gedung parlemen AS sehingga dipastikan tidak dapat seorang pun akan lolos. Para petugas Biro Investigasi Federal, FBI dikabarkan memeriksa secara detil data ke-15 ribu pasukan garda nasional di komputer. Ada kabar, sejumlah anggota pasukan itu pernah bergabung dengan kelompok bersenjata supremasi kulit putih.

  

Seluruh acara bisa disaksikan dunia lewat tayangan langsung di akun Presidential Inauguration Committee di Facebook, You Tube, dan Amazon Prime serta Twitch channel. Seluruh jaringan televisi AS seperti CBS, ABC, NBC, FOX dan lainnya juga rencananya akan menayangkan pelantikan Rabu itu.

Presiden Donald Trump dijadualkan meninggalkan Washington DC pukul 8.00 pagi hari, sebelum acara pelantikan Joe Biden yang dimulai pukul 11.30 siang waktu setempat atau pukul 23.30 WIB. Presiden Trump akan melakukan acara perpisahan singkat dan tertutup dan akan digelar di Joint Base Andrews di luar Washington DC. Presiden akan menaiki Pesawat Air Force One menuju Florida dan disaksikan oleh para pendukung dan beberapa mantan menteri serta tamu khusus lainnya. Mereka diminta hadir di bandara militer itu pukul 7.15 waktu setempat.

Situs MSN.com mengabarkan, Badan Pertahanan AS, Pentagon tidak akan menggelar acara perpisahan secara militer terhadap Presiden Donald Trump. ‘’Acara perpisahan militer tidak direncanakan bagi presiden yang akan meninggalkan Gedung Putih 20 Januari 2021,’’ bunyi berita laman digital Defense One, situs berita-berita militer AS. Acara perpisahan biasanya digelar bagi presiden AS sebelumnya. Presiden Trump akan menuju di tempat peristirahatannya di Mar-a-Lago, Palm Beach, Florida.

Tetapi, mantan Wakil Presiden Mike Pence akan melakukan serangkaian acara untuk merayakan ‘’The Trump Administration’s historic foreign policy achievements’’. Mike Pence, menurut keterangan Gedung Putih, memberikan sambutan penghargaan bagi para anggota Angkatan Laut AS yang berjasa selama kepemimpinan Presiden Trump di Stasiun Naval Air Station Lemoore,’’ bunyi penjelasan Gedung Putih. Pada hari Minggu, Mike Pence juga akan berpidato di divisi infantri Angkatan Darat AS di Fort drum, New York. (DP).

2 Comments

  1. lilik lilik January 18, 2021

    Hanya kasih tahu president Joe biden yg ke 46 bukan 47

  2. lilik lilik January 18, 2021

    dan military yg menjaga keamanan bukan 15 ribu .yg benar 25 ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *