Press "Enter" to skip to content

Diskusi ‘Novel Kincir Waktu’ Bersama Akmal Nasery Basral

Sastrawan Akmal Nasery Basral meluncurkan novel terbaru Kincir Waktu 1 melalui acara daring “Soft Launch & Bedah Novel” yang diselenggarakan Perkumpulan Penulis Nasional SATUPENA dan Penerbit Mahaka Publishing (imprint Republika Penerbit), Minggu 5 Desember 2021.

Novel ini berkisah tentang tokoh protagonis bernama Wikan Larasati, seorang perempuan jurnalis, yang sedang mengungkap misteri pemerkosaan massal 1998 dan skandal imigran gelap dari Indonesia ke AS yang melonjak pasca kerusuhan Mei yang mencabik-cabik negeri itu. 

“Novel ini mampu menangkap zeitgeist (semangat zaman) dari sebuah era,” ujar I Ketut Surajaya, Guru Besar Sastra Jepang di FIB UI, saat memberikan komentar. “Akmal menulis sebuah history biographical fiction yang menarik,” tambah Albertine Minderop, Guru Besar Sastra Inggris dengan konsentrasi pada karya-karya novelis AS. “Judul Kincir Waktu yang diberikannya saya perkirakan bisa memperkaya kosa kata Indonesia.”

Akmal Nasery Basral

Sementara bagi Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim, mantan KSAU 2002-2005, “Akmal memiliki dendam yang besar, seperti kita semua, untuk tegaknya keadilan di negeri ini. Novel Akmal memberi jalan kepada saya untuk menuliskan pengalaman sendiri dalam bentuk novel juga. Inspiratif.”

Kincir Waktu 1 adalah novel ke-22 Akmal Nasery Basral, penerima National Writer’s Award SATUPENA 2021 kategori fiksi. Peluncuran resmi (grand launching) akan berlangsung di ajang IIBF (Indonesia International Book Fair) 2021, Jum’at, 10 Desember 2021, pukul 15.00 WIB di Panggung Utama Cenderawasih Hall dengan pembahas pengamat politik Fachry Ali. Tiket IIBF bisa didapatkan gratis dari Tiket(dot)com.**

Informasi lebih lanjut:

  • Iqbal Santosa: 0852-1906-5915
  • Surya Darma: 0811-1014-131

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *