Press "Enter" to skip to content

Foxconn Akan Dirikan Pabrik di Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah

Foxconn Technology Group dikabarkan akan membangun pabriknya di Batang Jawa Tengah. Hal itu diungkapkan Bahlil Lahadilla, Menteri Investasi dan Ketua BKPM, Rabu 9 Februari 2022.

Dengan nilai investasi total sekitar $ 8 miliar, Foxconn, produser peralatan elektronik Taiwan akan membangun pabrik di atas lahan 200 hektare di zona industri Batang, Jawa Tengah. Tentu saja termasuk baterai telepon, katoda, dan suku cadang serta peralatan kendaraan listrik atau EV (Electronic Vehicles)

Meski jumlah investasi telah diungkap Bahlil, namun jumlah itu belum diungkap Liu Young-way. CEO Foxconn itu tidak bersedia mengklarifikasi jumlah itu sambil menjelaskan bahwa jumlah itu adalah investasi yang akan ditanam lima rekanan Foxconn dalam memproduksi kendaraan listrik. ‘’Bukan kami sendiri,’’ kata Liu Young-way, tapi enggan merinci lebih jauh.

Foxconn menjelaskan, pihaknya akan bekerjasama dengan PT Indika Energy, perusahaan baterai Indonesia. Juga bekerjasama dengan Gogoro, produser kendaraan sepeda motor listrik dunia.

Kerjasama Indonesia dan Foxconn sebenarnya bukan hal baru. Sebab sejak sekitar lima tahun lalu Foxconn telah setuju membangun pabriknya di Indonesia. Namun, upaya kerjasama itu kandas di tengah jalan, karena pihak Foxconn meminta keringanan berupa harga tanah dan holiday incentive. ‘’Saya lalu diperintah Presiden Jokowi untuk mencari jalan agar Foxconn bersedia melakukan investasi di Indonesia. Maka pemerintah Indonesia yang menyediakan lahan murah di zona industri Batang, Jawa Tengah, dekat jalan toll dan jalur kereta api,’’ tutur Bahlil Lahadilla.

Foxconn atau lengkapnya Foxconn Technology Group adalah perusahaan multinasional elektronik bermarkas di Tucheng, New Taipei, Taiwan. Pada 2010 perusahaan yang didirikan tahun 1974 dinobatkan sebagai perusahaan manufaktur elektronik terbesar dunia.

Produksinya digunakan oleh produser telepon genggam seperti BlackBerry, IPad, IPhone, IPod dan Kindle. Peralatan permainan seperti Nintendo atau Gamecube juga menggunakan produknya. Termasuk XBox, PlayStation 3 dan 4. (DP).

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *