Press "Enter" to skip to content

Foxconn Akan Dirikan Pabrik di Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah

Foxconn Technology Group dikabarkan akan membangun pabriknya di Batang Jawa Tengah. Hal itu diungkapkan Bahlil Lahadilla, Menteri Investasi dan Ketua BKPM, Rabu 9 Februari 2022.

Dengan nilai investasi total sekitar $ 8 miliar, Foxconn, produser peralatan elektronik Taiwan akan membangun pabrik di atas lahan 200 hektare di zona industri Batang, Jawa Tengah. Tentu saja termasuk baterai telepon, katoda, dan suku cadang serta peralatan kendaraan listrik atau EV (Electronic Vehicles)

Meski jumlah investasi telah diungkap Bahlil, namun jumlah itu belum diungkap Liu Young-way. CEO Foxconn itu tidak bersedia mengklarifikasi jumlah itu sambil menjelaskan bahwa jumlah itu adalah investasi yang akan ditanam lima rekanan Foxconn dalam memproduksi kendaraan listrik. ‘’Bukan kami sendiri,’’ kata Liu Young-way, tapi enggan merinci lebih jauh.

Foxconn menjelaskan, pihaknya akan bekerjasama dengan PT Indika Energy, perusahaan baterai Indonesia. Juga bekerjasama dengan Gogoro, produser kendaraan sepeda motor listrik dunia.

Kerjasama Indonesia dan Foxconn sebenarnya bukan hal baru. Sebab sejak sekitar lima tahun lalu Foxconn telah setuju membangun pabriknya di Indonesia. Namun, upaya kerjasama itu kandas di tengah jalan, karena pihak Foxconn meminta keringanan berupa harga tanah dan holiday incentive. ‘’Saya lalu diperintah Presiden Jokowi untuk mencari jalan agar Foxconn bersedia melakukan investasi di Indonesia. Maka pemerintah Indonesia yang menyediakan lahan murah di zona industri Batang, Jawa Tengah, dekat jalan toll dan jalur kereta api,’’ tutur Bahlil Lahadilla.

Foxconn atau lengkapnya Foxconn Technology Group adalah perusahaan multinasional elektronik bermarkas di Tucheng, New Taipei, Taiwan. Pada 2010 perusahaan yang didirikan tahun 1974 dinobatkan sebagai perusahaan manufaktur elektronik terbesar dunia.

Produksinya digunakan oleh produser telepon genggam seperti BlackBerry, IPad, IPhone, IPod dan Kindle. Peralatan permainan seperti Nintendo atau Gamecube juga menggunakan produknya. Termasuk XBox, PlayStation 3 dan 4. (DP).

 

3 Comments

  1. Heya this is kind of of off topic but I
    was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you
    have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding expertise so I
    wanted to get advice from someone with experience.
    Any help would be greatly appreciated!

  2. Excellent post. I used to be checking continuously this blog and I’m
    inspired! Very helpful information specially the last phase 🙂 I take care
    of such info a lot. I used to be seeking this certain information for a very long time.
    Thanks and good luck.

  3. Thanks on your marvelous posting! I really enjoyed reading it, you could be a great author.I will ensure that I bookmark your blog and may come back down the road.
    I want to encourage one to continue your great posts, have a nice day!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.