Press "Enter" to skip to content

Ada Kemungkinan PDIP Jalin Koalisi dengan Gerindra dan PKB

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyatakan ada kemungkinan partainya menjalin koalisi dengan Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). “Ya, mungkin saja,” ujar Puan kepada wartawan di sela-sela acara Rakernas II PDIP, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa, 21 Juni 2022.

TEMPO.co melaporkan, kerja sama dengan dua partai tersebut bisa terjadi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Puan juga menjelaskan bahwa partai berlambang banteng dengan moncong putih itu tidak bisa sendirian dalam membangun Indonesia. “Ibu Ketua Umum tadi mengatakan membangun Indonesia tidak bisa sendirian, harus gotong royong,” kata Puan.

     

Dalam kesempatan itu, Puan mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo tentang membangun Indonesia yang diucapkan dalam pidatonya di acara rakernas itu. ‘’Membangun Indonesia harus saling bahu membahu di antara semua pihak, termasuk antarpartai politik,’’ kata Presiden Jokowi. ‘’Juga harus bisa bantu membantu membangun Indonesia,” ujarnya.

Gerindra dan PKB dikabarkan sedang membangun koalisi bernama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaiz, bahkan sempat menyatakan dua partai itu sepakat untuk mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.

Sementara PDIP sendiri belum mengumumkan siapa calon presiden yang mereka usung. ‘’Nama-nama calon presiden mungkin baru akan diumumkan awal tahun depan,’’ tutur Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto PDIP sebenarnya bisa saja mengusung calon tanpa berkoalisi. Sebab, mereka telah memenuhi persyaratan ambang batas pencalonan presiden, minimal 20 persen kursi di DPR RI.

Dalam pidatonya di acara Rakernas itu, Megawati menyatakan peluang perempuan dan laki-laki dalam pencalonan presiden harus sama rata. Mega juga memuji kiprah Puan Maharani dalam memimpin sidang Inter-Parliamentary Union di Bali Maret lalu. (Disadur dari TEMPO.CO)

4 Comments

  1. Excellent way of explaining, and good article to get information about
    my presentation focus, which i am going to present in institution of higher education.

  2. You really make it seem so easy with your presentation but I
    find this topic to be actually something
    that I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me.

    I’m looking forward for your next post, I will
    try to get the hang of it!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.