Press "Enter" to skip to content

Puan Maharani: Program Bantuan Sosial Perlu Segera Dioptimalkan

Ketua DPR RI Puan Maharani minta pemerintah segera mengoptimalkan program-program bantuan sosial. Hal itu diungkapkan Puan, menyusul melonjaknya harga berbagai komoditas pangan jelang Idul adha.

“Ibu-ibu sekarang menjerit. Mayoritas harga kebutuhan pangan melonjak cukup tinggi, dan ini harus segera diatasi untuk menjamin kesejahteraan masyarakat,” kata Puan Maharani kepada wartawan, Selasa (21/6/2022).

Menurut Beritasatu.com harga komoditas pangan mulai tinggi sejak masa Idulfitri lalu. Demikian juga harga-harga kebutuhan pokok sudah melonjak lagi. Seperti harga cabai rawit yang kini sudah mencapai Rp 130.000/kg. Begitu juga bawang merah naik menjadi Rp 60.000/kg dari sebelumnya sekitar Rp 40.000/kg. Kenaikan harga juga terjadi untuk telur dan daging ayam, tomat, hingga sayur-sayuran lainnya.

Puan Maharani meminta agar Pemerintah segera melakukan intervensi, lebih-lebih karena harga minyak goreng di pasaran belum turun juga. “Pemerintah harus mengambil langkah tepat untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok yang kini sangat meresahkan masyarakat,” ujar Puan Maharani.

     

Lebih lanjut, perempuan pertama Indonesia yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu juga menilai, diperlukan terobosan dalam proses distribusi komoditas pangan dari sentra produksi ke wilayah yang membutuhkan. Sehingga, pasokan kebutuhan pangan tidak mengalami ketimpangan salah satu penyebab kenaikan harga. “Pemangku kebijakan di sektor perdagangan dan pangan harus bisa bersinergi dalam mengatasi persoalan kenaikan harga pangan,” sebut Puan Maharani.

Lebih lanjut, mantan Menko PMK ini mengimbau Pemerintah mengoptimalkan pemberian bansos untuk rakyat kecil. Sebab menurut Puan, tingginya harga kebutuhan pokok akan berdampak terhadap kehidupan masyarakat, khususnya warga kurang mampu.

Menurut Puan Maharani, pemerintah pusat harus segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui jaring pengaman sosial bagi masyarakat miskin dan rentan miskin. ‘’Segera realisasikan bantuan yang masih tertunda seperti BLT subsidi gaji bagi pekerja,” tegas Puan Maharani yang pernah menjadi Menteri Sosial RI. “Negara harus bisa memastikan masyarakat dapat mengakses bahan pokok secara mudah dan harga terjangkau jelang hari raya Idul Adha,” imbuhnya.

Di sisi lain, Puan mengapresiasi rencana pemerintah yang memberikan tambahan subsidi energi dan listrik. “Termasuk pastikan dana Program Keluarga Harapan (PKH) tersalurkan dengan tepat sasaran untuk rakyat yang berhak,” ujarnya. (Beritasatu.com)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.