Press "Enter" to skip to content

Dr. Arifi Saiman Berpamitan Sebagai Konsul Jenderal RI di New York

Oleh: Emil Damsyik

Hari Sabtu, tanggal 9 Juli 2022 mungkin akan merupakan perayaan hari raya Islam terakhir bagi keluarga Dr.Arifi Saiman di pantai timur Amerika, karena Arifi Saiman akan melaksanakan paripurna tugasnya dalam bulan Agustus 2022 sebagai Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk wilayah kerja New York. KJRI New York mencakup 15 Negara Bagian sebagai area yang dibawahi oleh Konsulat Jenderal RI New York.

KJRI New York merupakan Konsulat Jenderal dengan wilayah kerja paling luas dibandingkan dengan KJRI yang lain di Amerika.

Arifi Saiman meraih gelar S3 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pajajaran Bandung, dan meraih gelar S2 Ilmu Politik dari Flinders University di Adelaide, Australia. Sebelum menduduki jabatan sebagai Konsul Jenderal RI New York, Arifi menjabat Direktur Pusat Analisis dan Pengembangan Kebijakan kawasan Asia Pasifik dan Afrika pada Kementerian Luar Negeri.

Sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di Philadelphia dan Greater Philadelphia mempunyai kesan yang sangat mendalam dalam selama masa tugas Arifi di “East Coast” sejak tahun 2019.

Sebagian besar masyarakat Indonesia ingat terhadap hal ini, karena Arifi selalu hadir dan terjun langsung ke lapangan pada saat di mana masyarakat Indonesia sedang memerlukan pertolongan, baik dari sudut moral psikologis maupun dalam bentuk fisik dan materil.

Seperti ketika banyak terjadi penyerangan dan perampokan terhadap warga Indonesia dan warga keturunan Asia, di South Philadelphia dalam kurun waktu November 2019 sampai dengan Januari 2020. Ketika pandemi sedang menyerang seluruh dunia, termasuk Amerika, dan ketika demo atau protes sebagian warga Amerika yang menuduh bahwa virus korona terjadi karena datang dari China. Warga Indonesia di Amerika yang bukan orang China juga terkena getahnya, dan merasakan akibat terjadinya “Anti Asian” hate di Amerika.

Kedudukan Konsul Jenderal menjadi berkesan mendalam pada masyarakat Indonesia disini karena masyarakat warga Indonesia sudah mengalami dan melihat sendiri etos kerja yang menjadi ciri khas Arifi Saiman selaku Konsul Jenderal, yang mana adalah: “Kami hadir untuk melayani, bukan untuk dilayani”. Ini ternyata bukan hanya motto, tetapi bisa terlihat langsung dalam praktek kesehariannya.

Indonesian Lantern belum mendapatkan informasi siapa yang akan menduduki jabatan Konsul Jenderal RI New York sesudah paripurna masa tugas Arifi Saiman di Amerika nanti. (Emil Damsyik)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *