Press "Enter" to skip to content

Perayaan Hari Raya Qurban 1443 H di Masjid Al-Falah, Philadephia

Pada hari Sabtu pagi tanggal 9 Juli 2022 sejak mulai jam delapan pagi masjid Al-Falah sudah mulai dibanjiri oleh umat muslim yang tinggal di Philadelphia, Greater Philadelphia dan New Jersey.

Lokasi pelaksanaan shalat oleh Panitia Sholat idul Adha dari Masjid Al-Falah dan ICGP awalnya direncanakan akan dilakukan di “FDR Park”.  Karena cuaca sangat mendung dan sudah hujan sejak semalam sebelumnya, Panitia memindahkan lokasi kedalam Masjid Al Falah di 1603 South 17th Street, Philadelphia.

Konjen Arifi Saiman merayakan Idul Adha bersama umat Islam Philadelphia.

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1443 H tidak hanya berjalan dengan lancar, tetapi juga dimeriahkan dengan hidangan makanan dan minuman, termasuk hidangan Sate Ayam dan Sate Kambing yang dimotori Cak Kholil kakak beradik, dan diorganisir Aditya Setiawan. Karena terbatasnya ruangan, shalat IED dilakukan dua kali. Yang pertama dipimpin Syekh Muhammad Awal yang berdarah Lebanon, dan shalat kedua dipimpin Zainal Abidin, yang sejak lama bermukim di Snyder Ave, Philadelphia.

Zainal Abidin

Pada saat perayaan Idul Adha tahun ini, Indonesia Lantern berkesempatan mewawancarai  Zainal Abidin dan juga Darmansyah Kadir, dua tokoh utama yang sudah lama berkecimpung dan terlibat dalam kegiatan masyarakat muslim di Philadelphia dan Greater Philadelphia. Berikut dibawah ini antara lain penuturannya:

Darmansyah menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini sudah dimulai sejak tahun 2006, walaupun pada masa itu berkumpulnya masyarakat muslim di Philadelphia dilakukan dari rumah ke rumah, atau “door to door”. Pelaksanaan shalat idul Fitri yang dipimpin oleh Ahmad Munjid, pertama kali dilaksanakan oleh Al-Falah pada idul Fitri 1428 H, tanggal 13 Oktober 2007 berlokasi di halaman parkir U-Haul, 1015 South 12th Street, Philadelphia. Ini merupakan batu loncatan yang sangat luar biasa.

Ibu Endang Arifi (kanan) saat merayakan Idul Adha bersama umat Muslim Philadelphia.

Masyarakat muslim pada saat itu memberikan respon dengan sangat antusias setelah mengetahui rencana kegiatan pelaksanaan shalat idul Fitri 1428 Hijriah ini. Jumlah yang menghadiri mencapai enam ratus orang muslim dan muslimah. Namun demikian, karena terbatasnya waktu dan sarana, pelaksanaan shalat ied yang pertama kali di Philadelphia ini tidak dibarengi dengan hidangan makanan seperti yang dilakukan pada kegiatan di tahun-tahun berikutnya.

Kegiatan berikutnya, pada tanggal 1 Oktober tahun 2008, dilaksanakan di “Di Silvestro Playground” di 1701 South 15th Street, Philadelphia, PA 19145. Pengelola Di-Silvestro Playground spontan memberikan izin pada waktu “Al-Falah” minta izin untuk melaksanakan shalat idul Fitri 1429 H ditempat itu.

Berdasarkan hasil musyawarah beberapa orang, pada tahun 2008 ini juga “Al-Falah” mempunyai tekad bulat akan mulai membeli bangunan lewat kemudahan cicilan  agar bisa berhasil mendapatkan lokasi bangunan yang dapat dimanfaatkan secara lebih permanen. Pilihan lokasi jatuh pada 1603 S. 17th Street, Philadelphia, PA 19145. Pada awal kegiatan di tahun 2008 ini surat menyurat resmi dan surat ijin dari dan dengan pihak-pihak yang berwenang dibantu oleh Hani White dan Waluyo.

Menurut Zainal Abidin, untuk perizinan dari pihak berwenang seperti ijin dari Manajemen pengelola FDR Park, biasanya sudah dilakukan oleh panitia beberapa bulan sebelum hari “H” dilaksanakan.

Yang diharapkan oleh Zainal, dan juga Darmansyah Kadir, adalah kekompakan, kerukunan dan kebersamaan yang bisa dirasakan. Terutama pada saat pelaksanaan hari-hari penting bagi umat Islam, khususnya yang bermukim di Philadelphia dan Greater Philadelphia.

Harapan ini bukanlah sesuatu yang mustahil, terbukti antara lain dengan telah berhasilnya pelunasan bangunan masjid dalam jangka waktu 7 tahun sejak pertama kali perjanjian kredit bangunan ditandatangani, yaitu pada akhir tahun 2015.

Urun rembug dan kerja keras seluruh umat muslim di Philadelphia dan New Jersey tertuang nyata  dalam kegiatan pengumpulan dana dengan tujuan utama untuk melunasi cicilan bangunan Al-Falah.

Kegiatan penggalangan dana dilaksanakan pada bulan September tahun 2015, dan salah satu lokasi penggalangan dana masyarakat muslim tersebut dilaksanakan di “Old Pine Community Center”, 401 Lombard Street dan di Masjid Al-Falah, di Philadelphia.

Master of Activities kegiatan ini adalah Emha Ainun Najib atau Cak Nun, bersama istrinya Novia Kolopaking, artis terkenal Indonesia kelahiran tahun 1972, yang menikah pada tanggal 22 Maret 1997, dan kini telah dikarunia empat orang anak. (Emil Damsyik)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *