Press "Enter" to skip to content

‘Kampoeng Indonesia’ Sukses Gelar Acara Celebrate Asia di Philadelphia

Acara Celebrate Asia yang digelar Sabtu 6 Agustus 2022 berlangsung meriah. Sekitar 5 ribu orang dari berbagai bangsa hadir di arena pertunjukan yang berlangsung di Race Street Pier, Philadelphia.

Acara yang diprakarsai Kampoeng Indonesia itu, dimulai sekitar pukul 1.00 siang waktu setempat dan diawali dengan pidato oleh Konsul Jenderal RI Arifi Saiman, dan dilanjutkan dengan serangkaian acara tari-tarian dari negara-negara Asia: Filipina, India, Korea Selatan, Indonesia dan lainnya. ‘’Seeing all our Asian communities from young to senior coming together as well as other community just really bring happy tears,’’ kata Lilian Christaka, salah satu pendiri dan pencetus Kampoeng Indonesia.

Para penonton disambut dengan sederetan warung makanan Asia yang berjejer di sepanjang Race Street Pier,  di bawah jembatan Ben Franklin Bridge, di tepi Delaware River. ‘’Pemandangannya sangat bagus, selama tinggal di Philadelphia saya belum pernah ke sini,’’ kata Marry Lamoureux, salah seorang penduduk Philadelphia yang dikenal sebagai The City of Brotherly Love itu.

Tercatat puluhan vendors atau penjaja makanan dan aksesoris Asia berpartisipasi di acara ini. Termasuk dari Indonesia seperti Hardena Philly, Tabachoy Philly, Sriscompany Philly, Warung Filadelphia, Clay Kitchen Studio, dan lainnya. Sejumlah atraksi tarian digelar di panggung utama yang disesaki penonton. Di antaranya dari India, Filipina, Korea Selatan dan lainnya. Dari Indonesia tampil grup Indonesian Cultural Club yang menampilkan Tari Pesta Nusantara.

Di tarian ini, sejumlah gerakan digabung menjadi satu. Mulai gerakan Betawi, Banyuwangi, Bali, Sunda, Jaipongan, Kalimantan, Sumatera, Madura dan Jawa. ”Kostum pakaiannya juga mewakili daerah masing-masing,” tutur Lidya Darmawan, pendiri dan pimpinan Indonesian Cultural Club.

Kristin Dennison, joget bersama hadirin (DP)

Kelompok terakhir yang tampil paling heboh adalah Dangdut in America. Sejumlah penonton turun ke pelataran arena saat diajak menari bersama Kristin Dennison. Penyanyi berusia 35 tahun kelahiran Philadelphia yang pintar berjoget itu mengajak menyanyikan beberapa lagu dangdut andalan. Di antaranya “Sekuntum Mawar Merah” (Elvi Sukaesih) dan lagu “Mendung Tanpo Udan” (Kukuh Prasetya Kudamai).

‘’Kami berterima kasih atas partisipasi aktif dari warga kita di Philadelphia,’’ kata Arifi Saiman, Konjen RI di New York. ‘’Yang secara reguler menyelenggarakan pada kegiatan atau di acara-acara semacam ini. Ini salah satu bentuk kontribusi Diaspora Indonesia di luar negeri, dalam mempromosikan Indonesia di wilayah-wilayah Amerika Serikat,’’ katanya. ‘’Ini harus kita pertahankan dan kita jaga, untuk masa-masa ke depan,’’ kata Arifi Saiman yang akan mengakhiri masa jabatannya di New York

Lilian Christaka bersama Konjen RI New York, Arifi Salman & Ibu Endang (DP)

Sementara itu, Kampoeng Indonesia pelaksana acara Celebrate Asia mengungkapkan terima kasih kepada para pendukung, vendor dan sponsor utama. ‘’We can not thank you enough for our partner, sponsors, vendors, the City elements, and the communities that have been super awesome in supporting us, believe in us and pushing us to move forward. We definitely can not do it with you all,’’ tulisnya dalam pernyataan resminya.

Sejumlah sponsor dan pendukung utama adalah: Delaware River Waterfront; Peco Connect; Asian Americans United, Indonesian Cultural Club, City of Philadelphia, Indonesianlantern.com dan lainnya.

Acara ini semakin meriah karena dipandu oleh Oliver Pras. Peragawan AS asal Indonesia – ibunya Manado dan ayahnya dari Yogyakarta – sangat terampil sebagai pembawa acara dalam acara yang berlangsung di bawah terik matahari di musim panas itu. (DP)

4 Comments

  1. Wow, amazing blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look
    of your website is excellent, as well as the content!

  2. I like the valuable information you provide in your articles.
    I’ll bookmark your weblog and check again here regularly.
    I am quite certain I will learn plenty of new stuff right here!

    Best of luck for the next!

  3. Great post. I used to be checking constantly this weblog and I’m
    inspired! Extremely useful information specifically the remaining phase 🙂 I
    take care of such information much. I was looking for this
    certain information for a very long time. Thanks and good
    luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.