Press "Enter" to skip to content

Aksi Lempar Sorban Makin Merebak di Iran Dewasa Ini

Ya. ‘Aksi Lempar Sorban’ makin marak di Iran belakangan ini. Pelakunya, kebanyakan kaum muda Iran, membuntuti kaum ulama yang mengenakan sorban dari arah belakang. Anak-anak muda itu lalu mencomot sorban para ulama itu dan melemparnya ke jalanan.

Aksi Lempar Sorban itu, tak urung menjadi perhatian banyak pihak, terutama dari luar negeri. Sebab aksi yang berlangsung lebin dari sebulan, adalah bentuk aksi protes atas kematian Mahsa Amini, wanita 22 tahun yang tewas di tangan laskar moral Iran. Memperingati 40 hari kematian Mahsa Amini, Selasa lalu, tercatat lebih dari 300 warga yang ditangkap dan terbunuh. Di antaranya seorang penyanyi Rap Iran, juga bintang film Taraneh Alidoosti yang mendukung aksi protes Lempar Sorban itu.

Meski begitu, Aksi Lempar Sorban tak juga berkurang, bahkan sebaliknya, makin merambah ke beberapa kota lain Iran. Sebuah unggahan di Twitter makin menyulut kaum muda Iran melakukan aksi itu. ‘’Sebuah sorban terbuat dari 6 sampai 11 meter kain putih. Bahan itu cukup untuk membuat sumbu Bom Molotov’’ tulis unggahan itu. Seperti diketahui, bom molotov terdiri dari botol berisi minyak tanah atau bensin yang bersumbu kain yang disulut sebelum dilempar ke petugas keamanan. 

Bahkan, seseorang bernama alias ‘’Sir Antonio Su Padre’’ menyerukan dibentuknya ‘’Federasi Melempar Sorban Iran’’. Tujuannya meregulasi pemakaian sorban. Sementara itu digelar lomba  video merekam aksi ‘Lempar Sorban’ di Twitter. Termasuk cara paling jitu melakukan aksi anti-Sorban dan olok-olok Sorban yang dipasangi pengaman. Dalam beberapa jam, akun itu dibanjiri 50 ribu pengunjung, sebelum terpaksa dibekukan Twitter, lantaran terlalu provokatif.

Apa tanggapan pemerintah Teheran? ‘’Para konspirator itu seperti boneka musuh-musuh Iran. Seharusnya tahu bahwa kami tidak mau darah suci para martir tumpah,’’ kata Brigadir Jenderal Kioumars Heydari. ‘’Jika Ayatollah Ali Khamenei memberikan perintah untuk melakukan tindakan, mereka akan dihabisi,’’ lanjut Jenderal Kioumars Heydari seperti dikutip kantor berita resmi Iran, Mehr. (DP)

 

2 Comments

  1. Magnificent items from you, man. I’ve be aware your stuff prior to and you
    are just extremely excellent. I actually like what you have got here, certainly like what you’re saying and the way in which you assert it.

    You make it enjoyable and you still take care of to stay it sensible.
    I can’t wait to read much more from you.
    That is actually a great web site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.