Press "Enter" to skip to content

Daniel W. Condronimpuno Didakwa Coba Perkosa Empat Wanita

Kepolisian Berkeley University of California menangkap seorang warga negara Indonesia pekan lalu. Lelaki bernama lengkap Daniel Widyanto Condronimpuno itu, kemudian ditahan di Penjara Pusat Santa Clara County di San Jose, Santa Clara, California dengan delapan tuduhan tindak pidana berat:

Di antaranya: Memaksa melakukan perkosaan; Penetrasi seksual secara paksa; Penyerangan untuk melakukan perkosaan; Penyerangan dengan senjata mematikan, Perampokan, Pemaksaan seksual; Memberikan keterangan palsu dan satu tuduhan ringan: mencegah korban memanggil bantuan dengan merampas alat komunikasi korban.

Proses pengadilan Daniel berlangsung 13 April silam atau dua hari setelah tersangka pelaku ditangkap.‘’Pihak Konsul Jenderal RI mendampingi tersangka untuk memastikan agar hak-haknya terpenuhi selama proses hukum,’’ kata Judha Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia.

Tindakan tak senonoh itu dilakukan Daniel saat bersepeda di jalan setapak di California Avenue di Palo Alto, California. Entah kenapa, niat jahatnya muncul saat ia berpapasan dengan wanita berusia sekitar 50 tahun. Daniel lalu memukul korban dari belakang sehingga terjatuh dan mencoba memperkosanya. Saat korban berteriak, Daniel mengambil telepon genggam korban dan melarikan diri.

Untung, seorang pejalan kaki lain menemukan korban yang tergeletak, beberapa jam kemudian, lalu menolongnya dan membawanya ke rumah sakit.
Seminggu kemudian terjadi percobaan perkosaan kedua di sebuah kawasan perumahan di Palo Alto, disusul dengan percobaan ketiga dan keempat di tempat lain. Ketiga peristiwa itu terjadi seminggu setelah kejadian pertama.

Petugas kepolisian segera menyebarkan sketsa wajah Daniel berdasarkan rekaman video yang terpantau di sejumlah lokasi. Beberapa hari kemudian Pihak Kepolisian Berkeley University of California, barulah mendapatkan bukti-bukti kuat Daniel tersangka pelakunya.

Dari sketsa dan foto tersangka, dan keterangan warga, polisi sampai pada kesimpulan bahwa Daniel Widyanto Condronimpuno, tersangka pelakunya. Lelaki berusia 34 tahun itu menetap di Palm Beach Florida.

Belum ada seorang pun yang dapat menjelaskan mengapa Daniel harus berbuat kurang senonoh seperti itu di AS. Sebab, kalau melihat latar belakang pendidikan dan kehidupannya, lelaki 34 tahun itu punya prestasi membanggakan. Daniel Condronimpuno lulus dan meraih gelar bachelor degree dari Princeton University, salah satu perguruan tinggi ternama di AS, pada Juni 2012.

Daniel juga dikenal sebagai pendiri The Princeton Financier, sebuah media internal perguruan kondang itu. Foto yang dipasang polisi tampaknya diambil dari terbitan ini. Tak hanya itu. Daniel juga menjadi salah satu anggota executive program on leadership and corporate innovation di Stanford University Graduate School of Business. Bahkan di LinkedIn, Daniel menjabat sejumlah posisi penting di Goldman Sachs and Morgan Stanley, juga di sejumlah perusahaan besar seperti Renaissance Technologies and Alibaba Group, dan di Global Capital Econometrix, sebuah perusahaan startup hedge fund.

‘’Pihak kepolisian setempat berterima kasih kepada anggota komunitas Palo Alto, California yang membantu investigasi dengan memberikan sejumlah informasi. Polisi juga berterima kasih kepada media massa yang menerbitkan insiden itu dan menyebarkan sketsa wajah pelaku,’’ bunyi pernyataan resmi Kepolisian Berkeley University of California. (DP)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.