Press "Enter" to skip to content

London bakal bebas Iklan Seronok, Juli nanti

Mulai Juli nanti, London melarang pemasangan iklan yang memamerkan bentuk tubuh sensual di dinding dan badan bis kota serta angkutan umum lainnya.

CNN melaporkan Selasa (14/6/2016), larangan itu dikeluarkan berdasar perintah Sadiq Khan, Walikota London yang baru terpilih bulan lalu. Menurut Sadiq, semua iklan di jaringan angkutan umum, cenderung memamerkan tubuh wanita, terutama kaum muda. “Sebagai ayah dua putri remaja saya benar-benar risi melihat iklan seperti itu. Khususnya kaum wanita sehingga mereka dipermalukan oleh tubuhnya sendiri. Hal ini harus diakhiri,” kata Khan.

Perintah Walikota Sadiq Khan itu, tampaknya sejalan dengan tuntutan yang digelar tahun lalu. Ratusan warga London melakukan protes terhadap pihak Otoritas Periklanan Inggris. Mereka menggugat sebuah iklan bergambar wanita berbikini dengan keterangan: “Apakah tubuh Anda sudah siap ke pantai?”

heist-studiosSebanyak 70 ribu orang menanda-tangani petisi untuk mencabut iklan itu. Namun tuntutan itu ditolak pihak Otoritas Periklanan Inggris. Alasannya, “Iklan itu tidak menyebabkan ancaman serius dan tidak melanggar aturan.”

Berdasar peraturan baru itu, 12 ribu iklan seronok yang tersebar di seluruh stasiun bawah tanah, kereta, bis dan angkutan umum akan diturunkan. Penghasilan Badan Transportasi London, TfL, yang mengurusi iklan itu, yang diperkirakan sebesar US$1,2 miliar dalam delapan tahun ke depan bakal terganggu.

Namun hal itu tampaknya tak mengganggu Graeme Craig. Direktur TfL ini mengakui bahwa iklan di tempat umum sulit dikendalikan. “Memang para pejalan kaki tidak bisa mematikan televisi atau melipat koran berisi gambar seronok, seperti di rumah,” kata Graeme Craig. DP

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *