Press "Enter" to skip to content

Presiden Joko Widodo diterima Jack Ma di markas besar Alibaba

Okezone.com — Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke China akhir pekan ini. Dalam kunjungannya, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana juga menyempatkan diri bertemu oleh CEO Alibaba Group Jack Ma beserta sejumlah pejabat tinggi Alibaba lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo dengan Jack Ma sama-sama menekankan pentingnya pengembangan usaha-usaha kecil dan menengah. Menurut Jack Ma, usaha-usaha kecil haruslah diberi akses terhadap teknologi agar dapat berkembang lebih jauh.

“Jack Ma pribadi dan Presiden mempunyai pandangan yang sama tentang UKM. UKM itu harus diperdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini. Visi dari Jack Ma itu juga sama, yakni bagaimana memfokuskan sasaran kepada UKM,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (3/9/2016).

Menurut dia, pemerintah Indonesia dengan Alibaba sudah memiliki bentuk kerjasama untuk memasarkan produk Indonesia ke pasar China. Produk-produk tersebut dipasarkan melalui salah satu platform layanan Tmall (sebelumnya bernama Taobao Mall) yang juga dimiliki oleh Alibaba.

Presiden Jokowi & Jack Ma (chinadaily.com)
Presiden Jokowi & Jack Ma (chinadaily.com)

“Tmall itu adalah platform marketplace untuk Tiongkok. Masuklah namanya bagian dari itu Inamall, produk-produk Indonesia. Tapi produk Indonesia yang masuk saat ini adalah untuk yang large FMCG (fast moving consumer goods, seperti Kopi Kapal Api dan Indomie,” jelas dia.

Inamall sendiri merupakan bentuk kerja sama pemerintah Indonesia dengan Alibaba yang diinisiasi oleh Thomas Trikasih Lembong yang kala itu masih menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Mulai beroperasi pada 8 Juli 2016, Inamall mencoba untuk menggenjot nilai ekspor dengan memasarkan produk-produk khas dari Indonesia ke pasar Tiongkok.

“Ini merupakan kelanjutan dari hubungan yang sudah kita jalin sewaktu saya masih menjadi Menteri Perdagangan,” ucap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Trikasih Lembong, yang turut memberikan keterangannya.

Namun demikian, pemerintah rupanya bertekad untuk tak hanya menyasar pasar Tiongkok semata. Melalui layanan dari Alibaba lainnya, produk-produk UKM asal Indonesia diharapkan juga mampu menembus pasar internasional.

“Kemudian nanti UKM-UKM ini masuk juga ke AliExpress. AliExpress itu adalah platform yang sama dari Alibaba tapi untuk global. Jadi UMKM kita diharapkan tidak hanya menyasar pasar Tiongkok, tapi juga di luar Tiongkok,” terang Rudiantara.

Top of the Rock Observation Deck Save on Tickets!

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.