Press "Enter" to skip to content

Travel Budget Nobatkan Nagari Pariangan sebagai salah satu Desa Terindah Dunia

Asep Burhanudin/travel Budget/geowisata.co —  Kabar gembira ini datang dari New York, Amerika Serikat. Travel Budget, sebuah media pariwisata berpengaruh di dunia,  menjatuhkan pilihan pada Nagari Pariangan sebagai Desa terindah di dunia. Banyak kriteria  dalam menjatuhkan pilihan, di antaranya keasrian dan   warisan leluhur  yang masih terjaga apik, yang menjadi ciri dan identitas budaya Sumatera Barat.

Perkampungan di lereng Gunung Marapi nan sejuk ini mampu bersanding dengan keindahan Desa Wengen dari  Swiss, Desa Eze dari Prancis, Niagara on The Lake di Kanada, serta Desa Cesky Krumlov dari Republik Ceko.

Kabar ini  sebetulnya muncul dan dirilis seluruh media  beberapa tahun silam, namun dampaknya baru terasa sekarang. Nagari Pariangan belakangan semakin banyak dikunjungi pendatang. Tak hanya turis lokal, tapi turis dari mancanegarea pun kerap mampir di sini. Saat pelaksanaan Tour de Singkarak —  event balap sepeda internasional– misalnya,  Nagari Pariangan ini tak luput menjadi salah satu destinasi mereka.

Nagari Pariangan dapat ditempuh sekitar tiga jam dari Padang, Ibu Kota Propinsi Sumatera Barat. Lokasi  ini berjarak sekitar 14 km dari Kota Batusangkar, Ibukota Kabupaten Tanah Datar. Desa seluas 17.92 km 2 secara administratif di bawah Kecamatan Pariangan dan dihuni sekitar 6.479 jiwa. Posisi Pariangan  di bawah lereng Gunung Marapi, sebuah gunung api aktif berketinggian 700 m di atas permukaan air laut,  menjadikan udara di nagari  cukup sejuk.  Di desa ini terdapat sebuah mesjid terbesar  yang berusia ratusan tahun yang dikenal dengan Masjid Ishlah.

Masjid dengan gaya arsitektur Dongson ala dataran tinggi Tibet,  menggambarkan betapa majunya peradaban Minangkabau kala itu.  Di desa ini pun terdapat bangunan rumah gadang  dengan dinding terbuat anyaman rotan, ukiran kayu sebagai ciri khas bangunan di Sumbar. Rumah gadang ini di antaranya seperti Balairung Sari Tabek  atau Rumah Gadang tertua di Minangkabau, Rumah Gadang Dt. Bandaro I, Rumah Gadang Dt. Rangkayo Sati, Masjid Tuo Pariangan, serta Monumen Api Porda.

Nagari Pariangan merupakan desa kuno dan sebagai cikal lahirnya sistem pemerintahan khas masyarakat Minangkabau, yang populer dengan nama nagari. Namun, sistem pemerintahan nagari hanya bertahan sampai tahun 1980 menyusul lahirnya undang-undang tentang perubahan sistem pemerintahan tingkat bawah yang mengharuskan  nagari diganti dengan sistem pemerintah desa, sebagaimana yang berkembang pada masyarakat Jawa.

Namun, sejalan dengan semangat Otonomi Daerah, 1999 yang memberi peluang bagi daerah untuk mengembangkan diri secara mandiri, masyarakat Sumatra Barat pun kembali menerapkan sistem pemerintahan nagari. Baliak ka nagari, istilah inilah kala itu populer terutama di luhak nan tigo, yaitu Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Sistem pemerintahan desa pun berganti dengan sistem pemerintahan nagari. Pariangan sebagai daerah asal Minangkabau pun berganti nama dari Desa Pariangan menjadi Nagari Pariangan.

Tak hanya dikenal sebagai asal-muasal nagari, Nagari Tuo Pariangan juga dikenal sebagai asal-mula masyarakat Minangkabau. Dalam catatan sejarah yang terekam dalam tambo Minang menunjukkan bahwa Nagari Pariangan adalah nagari asal suku Minangkabau yang oleh masyarakat setempat disebut sebagai “Tampuk Tangkai Alam Minangkabau”.

Artinya, nagari ini dipercaya sebagai tempat pertama munculnya kehidupan di Alam Minangkabau ratusan tahun silam. Dalam tambo diceritakan, bahwa masyarakat Minangkabau merupakan keturunan Alexander Agung. Konon, beliau memiliki tiga orang putra, yaitu Sultan Maharaja Dipang (Sutan Maharajo Dipang), Sultan Maharaja Alif (Sutan Maharjo Alif), dan Sultan Maharaja Diraja (Sutan Maharajo Dirajo.

Lalu bagaimana Nagari Pariangan bisa terpiih sebagai  desa terindah di dunia? Banyak variabel yang menentukan pilihan jatuh pada Pariangan, di antaranya masyarakat dan Pemda setempat mampu mempertahankan  warisan budaya leluhur mereka. Kearipan lokal mereka gunakan sebagai modal untuk mengembangkan desa yang penuh sejarah ini. Hasilnya, Nagari Pariangan tak hanya sebagai maskot Kabupaten Tanah Datar tapi sudah kebanggaan Sumatera Barat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.