Press "Enter" to skip to content

Bob Dylan Pemenang Nobel Sastra 2016

Penyanyi dan pengarang lagu Bob Dylan meraih hadiah Nobel Kesusasteraan. Hadiah bergengsi internasional itu diberikan atas ‘’Karya-karyanya yang puitis di antara lagu-lagu tradisional Amerika’’ bunyi pernyataan resmi Swedish Academy.

Pengumuman yang dipublikasikan di Stockholm, Swedia Kamis 13 Oktober 2016 itu cukup mengejutkan, karena karya Bob Dylan dianggap tidak memenuhi persyaratan penerima hadiah Nobel. Antara lain karena tidak sesuai dengan karya sastra tradisional yang terdiri dari novel, puisi dan cerita pendek seperti yang dikenal selama ini. ‘’Liriknya cukup indah dan berisi keprihatinan yang abadi. Sementara beberapa karya puisi lainnya terlihat lebih berpengaruh,’’ tutur Bill Wyman dalam esainya di New York Times, 2013.

bobPemberian hadiah Nobel Sastra itu diumumkan beberapa jam setelah wafatnya Dario Fo. Penulis naskah Italia berusia 90 tahun ini adalah sutradara dan pemain satire yang dikenal karyanya dan mendapat hadiah pada 1997.

Bob Dylan yang kini berusia 75 tahun, lahir di Duluth, Minnesota, AS. Penyanyi bernama asli Robert Allen Zimmerman adalah penulis lagu yang banyak berpengaruh selama 50 tahun. Sejumlah lagu ciptaannya dikenal di tahun 1960-an dan meraih sukses dunia. Di antara lagu-lagunya yang terkenal adalah ‘Blowin in the Wind dan ‘The Times The Are a-Changin’ menjadi tema lagu dalam peringatan hak-hak dan gerakan anti perang.

Hadiah Nobel Sastra itu, akan diterimanya 20 Desember 2016 di di Stockholm, Swedia. (DP)

 

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *